Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Rusia Hentikan Ekspor Minyak kepada Negara Barat Tunduk Pembatasan Harga

JAKARTANEWS.ID – MOSKOW: Rusia tidak akan mengekspor minyak kepada pihak atau negara yang tunduk pada kebijakan pembatasan harga yang diberlakukan Barat. Bahkan jika perlu, Moskow bakal menurunkan produksi minyaknya. 

Hal itu diungkapkan oleh salah satu pejabat penting kepercayaan Presiden Vladimir Putin di bidang energi, Minggu (4/12/2022).

“Kami sedang mengerjakan mekanisme untuk melarang penggunaan instrumen pembatasan harga, terlepas dari level apa yang ditetapkan, karena gangguan seperti itu dapat membuat pasar semakin tidak stabil,” kata Wakil Perdana Menteri Rusia, Alexander Novak, seperti dikutip Reuters.

Dia mengatakan, Rusia tidak akan beroperasi di bawah batasan harga. Bahkan, jika perlu Moskow akan memangkas produksinya untuk menjaga harga minyak mentah di pasar.

Pada Jumat (2/12/2022), negara-negara anggota Kelompok Tujuh atau G7 dan Australia menyetujui batas harga minyak mentah Rusia pada level 60 per dolar AS barel. Kebijakan itu mereka ambil dengan dalih untuk mengurangi pendapatan Presiden Vladimir Putin, sambil menjaga agar minyak Rusia tetap mengalir ke pasar global.

Negara-negara Barat beranggapan, dengan membatasi harga minyak Rusia, Putin akan kehilangan sumber pembiayaan perangnya di Ukraina. (Amin)

Tinggalkan Balasan