Jakarta Harus Jadi Barometer Nasional, KONI DKI Berkomitmen Antar Atlet Menuju Pentas Dunia

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta terus berupaya Jakarta menjadi barometer olahraga nasional. Bukan hanya sekedar menjadi barometer nasional, tapi juga mengantarkan atlet menuju pentas dunia.

Hal itu dikatakan Ketua Umum KONI DKI Jakarta Dr Hidayat Humaid M.Pd pada acara press gathering di kantornya, Jl Tanah Abang I, Jakarta Pusat, Rabu (7/12). “Pembinaan atlet secara berkala harus terus dilakukan agar prestasi tidak stag,” ujar Hidayat didampingi sejumlah pengurus. Pembinaan bukan hanya sekedar menjelang pelaksanaan PON tapi harus dilakukan secara berkala dan konsisten.

Hidayat memaparkan untuk mengantarkan atlet menuju pentas dunia harus punya pondasi kuat dalam hal pembinaan. Untuk menghasilkan prestasi gemilang, Hidayat menyatakan, KONI DKI Jakarta juga sudah melakukan pembenahan organisasi. “Pembenahan organisasi menjadi hal penting. Karena, organisasi yang baik dipastikan akan menghasilkan atlet yang berkualitas,” ujar Hidayat.

Untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI di Sumut dan Aceh pada 2024, Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) sudah melakukan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) serta menggelar tes fisik atlet lapis 1 dan lapis 2 di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur. Setelah tes fisik, digelar Perjanjian Kerja Sama (PKS) kepada para atlet oleh Bidang Hukum, termasuk kepada para pelatih, asisten pelatih, serta pelatih fisik.

Untuk memperkuat Pelatda, Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) merekrut tenaga ahli kesehatan dan fasilitas pelayanan Kesehatan kepada atlet DKI Jakarta.
Tenaga ahli juga diperkuat dengan parapsikologi serta tim dokter yang siap siaga melakukan pelayanan kepada para atlet ketika mengalami cidera atau gangguan psikolog.

Bidang Monitoring Dan Evaluasi (Monev) secara berkala juga melakukan pemantauan berjalannya pelatda diseluruh cabang olahraga (cabor). “Sedangkan Bidang Antar Lembaga terus melakukan kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta melalui Dispora serta Dinas Dukcapil.

Hidayat menambahkan KONI DKI Jakarta juga mempunyai komitmen dalam hal kesejahteraan para atlet dan pelatih. Bidang Usaha dan Dana serta Bidang Kemitraan sudah menggagas koperasi kesejahteraan atlet. “KONI DKI Jakarta secara transparan dan terukur Bidang Perencanaan Anggaran dan Keuangan melakukan maping dalam penggunaan dana hibah yang bersumber dari DKI Jakarta. Sementara Bidang Humas dan IT secara konsisten menggelar dialog interaktif tentang perkembangan olahraga di Jakarta. Humas dan IT juga terus berkolaborasi dengan cabor-cabor dalam hal publikasi kegiatan olahraga. (joko)

Leave a Reply