Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Sikapi Bom Bunuh Diri di Jabar, Ansor Jatim: Pemahaman Agama Pelaku Kurang

JAKARTANEWS.ID -SURABAYA:  Ansor Jatim merasa prihatin atas masih marak aksi terorisme di tanah air. terlebih yang terbaru munculnya aksi bom bunuh diri yang terjadi Polsek Astana Anyar, Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

Bendahara Ansor Jawa Timur Gus Fawait mengatakan perlu adanya intropeksi diri bahwa pendidikan dan penguatan tentang nilai-nilai Pancasila harus betul-betul dilakukan disektor pendidikan di Indonesia.” Pancasila ini merupakan wujud kecintaan ajaran nabi Muhammad SAW. Para pendiri bangsa mengemas ideologi Pancasila sebagai bentuk kecintaan pada nabi Muhammad SAW,” jelasnya, Rabu 7 Desember 2022.

Pancasila, lanjut Presiden LSN ini, jika ditanamkan sejak dini maka kejadian-kejadian yang viral saat ini sampai yang terbaru masalah bom bunuh diri di Jawa Barat akan bisa diminimalisir dimana dalam ajaran nilai-nilai Pancasila juga diatur tata cara hubungan antar manusia juga.” Tak hanya mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan saja, melainkan mengatur hubungan antar manusia,” jelas pria asal Jember ini.

Yang perlu intropeksi diri,lanjutnya,adalah bagaimana Pancasila dengan ajaran agama betul-betul diterapkan dimasing-masing anak-anak di pendidikan usia dini.” Kalau perlu dimulai PAUD, TK, SD dan seterusnya. Dengan sistem pembelajaran kurikulum merdeka yang ada saat ini perlu ditambahi dengan penambahan pendidikan agama dan pancasila serta pengamalan sejak dini perlu dilakukan,” terangnya.

Sedangkan untuk sektor kekerasan, kata Gus Fawait, semua tahu dan menyakini tak satupun agama di muka bumi ini, khususnya agama Islam yang mengajarkan adanya kekerasan.

“Di Islam itu, mengganggu non muslim tanpa alasan tertentu dosanya sangat besar. Jika ada orang yang menjadi korban pemahaman agama yang keliru misalnya diimingi dengan jihad dan surga, justru yang menjadi korban pengetahuan agamanya tidak kuat,” jelasnya.

Penguatan ajaran Pancasila, kata Gus Fawait, perlu diperkuat dan lebih keras lagi kepada anak-anak bangsa mulai anak usia dini sampai usia lanjut.”Untuk penanganan mulai kasus kenalana remaja sampai masalah terorisme tentunya pemahaman ajaran Pancasila tidak hanya untuk ideologi yang dihapal atau simbol saja melainkan betul-betul sebuah pengamalan sejak dini,” jelasnya.

Diketahui, sebuah ledakan yang diduga merupakan bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, sekitar pukul 08.30 WIB.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan satu anggota polisi meninggal dunia dalam peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung Jawa Barat.

“Update korban peristiwa bom bunuh diri Polsek Astana Anyar dari anggota Polri satu orang meninggal dunia,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu (7/12/2022).

Ramadhan menyebut tujuh anggota polisi lainnya mengalami luka-luka imbas bom bunuh diri tersebut. Namun, belum diketahui identitas dari korban tewas maupun korban luka.(yudhie)

Exit mobile version