Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Perusahaan Rintisan Ini Produksi ATM Sampah yang Bisa Lacak Emisi Karbon

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: PT Mountrash Avatar Indonesia mengembangkan anjungan tunai mandiri (ATM) sampah berbasis Smartbox dengan teknologi IoT (internet of things) dan AI (artificial intelligence) yang diklaim akan mempermudah dalam memonitor pergerakan emisi karbon.

“Dengan menggunakan Smartbox Mountrash, penerapan pajak karbon dapat lebih mudah dimonitor oleh siapapun sehingga akan tercipta perilaku untuk dukungan terhadap pengurangan emisi karbon,“ ujar CEO Mountrash Indonesia, Gideon Wijaya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

PT Mountrash Avatar Indonesia merupakan usaha rintisan (startup) di bidang pengelolaan sampah. Mountrash memberikan peluang untuk masyarakat agar tetap bisa mendapatkan penghasilan dari sampah sehingga secara tidak langsung mendukung solusi mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi.

Ia mengatakan sudah ada pemesanan Smartbox ini dari berbagai kalangan seperti dari pemerintah daerah (pemda), swasta, institusi, organisasi, hingga sekolah.

“Kami sangat mendukung Program Bersih Sampah 2025 yang dicanangkan oleh pemerintah,” ujar Gideon.

Sebagai informasi, Indonesia memiliki sistem informasi pengelolaan sampah nasional yang dapat di akses di https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/.

Sedangkan, beberapa startup yang bergerak khususnya limbah atau sampah, di antaranya Waste4Change, Plastikpay, Reciki, Rekosistem, Rebricks, EwasteRJ, Armada Kemasan, MallSampah, Gringo, Angkuts, Mulung.co, SMASH, Limbahagia, Pojokplastik. (YOK)

Tinggalkan Balasan