Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Ungkap ‘Bobrok’-nya Proyek Tol Japek II, Direktur PT. Krakatau Steel Diperiksa

Pemasok Pabrikan Tower PT. PLN 

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Ungkap “bobrok’-nya proyek Tol Japek II, Direktur Pemasaran PT. Krakatau Steel Dadang Danusiri diperiksa. 

Namun, sampai pemeriksaan selesai di Gedung Bundar,  Kejaksaan Agung belum diikuti penetapan tersangka dan pencegahan para pihak ke luar negeri.

Kapuspenkum Dr. Ketut Sumedana hanya menjelaskan DD diperiksa terkait penyidikan proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated Ruas Cikunir-Karawang Barat,  termasuk in/off Ramp Simpang Susun Cikunir.

“Semua dilakukan guna membuat terang tindak pidana (kemudian diiikuti penetapan tersangka, Red),” katanya, Kamis (6/4).

Bagi,  Dadang dan Jajaran Direksi dan Mantan Direksi PT. Krakatau Steel, Gedung Bundar bukan hal yang baru,  sebab tahun lalu pernah diperiksa terkait Skandal Krakatau Steel.

Dari informai terhimpung,  pemeriksaan DD terkait penggadan baja untuk proyek Japek II dan on/off Ramp Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat.

Sehari sebelumnya, diperiksa Direktur Keuangan PT. Waagner Biro Indonesia inisial AS, yang spesialis pembuatan jembatan baja lengkung.

WAJATAMA

Secara terpisah,  diperiksa EM selaku Manager Penjualan PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing.

Anak usaha Krakatau Steel ini dikenal dengan produk bajanya dan menjadi pemasok kepada 14 Pabrikan Tower untuk Proyek Tower Transmisi PLN.

Bahkan,  Direksi PT. Krakatau Wajatama sempat diperiksa dalam penggaaan tower tranmisi bernilai Rp2, 254 triliun tersebut

Hanya saja,  hingga kini perkara PLN dimaksud tidak ada kelanjutan meski puluhan saksi diperiksa,  sejak diterbitkan Sprindik sejak 14 Juli tahun lalu.

Selain itu,  Ketua Asosiasi Pabrikan Tower Indonesia (Aspatindo) Saptiastuti Hapsari yang juga Direktur Operasional PT. Bukaka Teknik Utama dan Mantan Dirut PT. PLN Sofyan Basir tak kunjung diperiksa tanpa alasan?

GANESHATAMA

Di bagian lain,  Wisjnuprapto selaku Mantan Direktur Utama LAPI Ganeshatama Consulting periode Juni 2013 – 2021 juga diperiksa.

Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan konstruksi tidak diketahui peran dan keterkaitan dengan Skandal Tol Japek II.

Ikut diperiksa, M. Maturrozaq selaku Dirut PT. Aria Jasa Reksatama yang juga bergerak di bidang konsultan konstruksi, AS (Manager Pengendalian Proyek Struktural Mei 2017 – Maret 2021 pada Jasamarga Jalan Layang Cikampek / JJC).

Terakhir, TLT selaku Resident Engineer PT Virama Karya dalam Proyek Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Elevated Ruas Cikunir- Karawang Barat. (ahi)

Tinggalkan Balasan