Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Telantar Bertahun-tahun, Pj Gubernur Heru Minta RPTRA Kalijodo Dirawat Kembali Demi Kenyamanan Warga

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Sekian tahun lamanya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, kondisinya telantar. Taman yang dibangun di atas lahan bekas lokasi pelesiran Kalijodo tersebut keadaannya semrawut dan kotor, bahkan tiap bermunculan warung renang.

Atas kondisi yang memprihatinkan tersebut Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berniat untuk menata kembali fasilitas publik tersebut. “Seperti diketahui, kondisinya sangat memprihatinkan. Saya minta kepada SKPD terkait, termasuk Walikota Jakarta Utara agar menata kembali RPTRA Kalijodo menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang nyaman bagi warga semua umur,” ujar Heru usai meninjau sejumlah RTH-RPTRA di Jakarta, Sabtu (8/4).

Dalam teknisnya, Heru memerintahkan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk melakukan perbaikan hingga perawatan pada bagian bangunan dan fasilitas taman yang perlu dilakukan perbaikan. “Dinas Pertamanan akan memperbaiki hal-hal yang harus dirawat, termasuk memperbaiki kanopi, pengecatan, dan lain-lain,” ujar Heru didampingi Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, dan sejumlah pejabat lainnya.

Tidak hanya itu, untuk menarik pengunjung, Heru meminta agar diadakan berbagai kegiatan atau acara yang bersifat rutin maupun seremonial. Misalnya ajang kejuaraan sepeda BMX dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta Juni mendatang. “Saya minta di sini ada kegiatan rutin, nanti informal saya datang. Saya minta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk berkomunikasi dengan komunitas BMX mengadakan kegiatan, nanti hadiahnya biar dari saya. Saya harap mereka rutin adakan program dan kegiatan saja, hadiahnya nanti kita pikirin,” ujar Heru.

Dalam lokasi yang sama, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Bayu Meghantara menerangkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan Pj Gubernur Heru dalam upaya perbaikan dan perawatan, termasuk aktivasi RPTRA Kalijodo dalam waktu dekat. “Kita undang komunitas dan sebagainya untuk kegiatan masyarakat yang lebih baik. Insya Allah perbaikan tembok, atap, dan fasilitas lainnya akan dilakukan setelah Lebaran. Dananya sudah dianggarkan,” papar Bayu.

Sebagaimana diketahui, RPTRA Kalijodo merupakan salah satu RPTRA terbesar dan terindah yang dibangun pada era Gubernur Ahok tahun 2017. Kawasan yang berada di Jl Pangeran Tubagus Angke itu dulunya dikuasai sekelompok orang menjadi kawasan pelesiran maksiat, seperti prostitusi, perjudian, maupun penjualan miras. Melalui perjuangan yang alot, kemudian Pemprov DKI berhasil mengambil alih kembali lahan negara yang selama puluhan tahun diserobot sekelompok orang. Ratusan bangunan liar, termasuk puluhan bar dangdut, baik yang berdiri di atas lahan tanah maupun badan sungai dibongkar petugas. Sungai yang diuruk tanah oldh oknum warga untuk bangunan, dikembalikan fungsinya kembali. Sebagian lahan di kawasan itu dibangun RPTRA yang dilengkapi fasilitas taman bermain dan olahraga. Namun sejak Ahok lengser, keberadaan RPTRA itu ditelantarkan. Petugasnya ditarik dari lokasi sehingga membuat sejumlah fasilitas jadi rusak. (joko)

Tinggalkan Balasan