Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Pengamanan Pemilu 2024, Kapolri: Polri Siapkan Personel PRC Brimob

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Sebab saat ini kita sudah masuk Tahapan Pemilu serentak di 2024. Hal ini tentunya menjadi sangat penting karena pesta demokrasi kali ini memiliki kompleksitas tersendiri.

Potensi kelalaian petugas beberapa waktu lalu terhambatnya pengiriman logistik pemilu ke lokasi, bahkan mungkin juga akan terjadi polarisasi di tengah-tengah masyarakat apabila hal kita tidak antisipasi dengan baik.

Demikian disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Selain melakukan menguatkan Bhabinkamtibmas guna menyukseskan Pemilu serentak 2024, tutur Listyo, Polri telah melakukan kerjasama melalui nota kesepahaman KPU dan Bawaslu.

“Kerjasama ini akan menjadi landasan hukum sinergitas di lapangan demi mewujudkan pemilu dan pemilihan serentak yang berkualitas dan berintegritas,” ungkap mantan Kabareskrim Polri ini.

Listyo menyebut, Polri juga mendorong upaya penguatan persatuan dengan mendirikan 12 rumah kebangsaan.

“Dua belas rumah kebangsaan ini tentu akan kita kembangkan, dan kita harapkan jadi cooling sistem sebagai wadah untuk menyatukan berbagai elemen masyarakat guna mencegah terjadinya perpecahan ataupun polarisasi yang akan terjadi,” tegas mantan Kadiv Propam Polri ini.

Untuk kesiapan pengamanan pemilu, beber Listyo, Polri juga sudah menyiapkan personel Brimob yang tergabung dalam pasukan reaksi cepat (PRC) sebagai power on hand Kapolri, Korbrimob, dan Kapoda yang siap dimobilisasi kapan saja serta dimana saja untuk menghadapi situasi kontijensi.

Disamping itu, tambah alumni Akpol 1991 ini, pasukan Brimob baik Brimob Mako dan Brimob Polda akan dibagi dalam VII zonasi di seluruh wilayah Indonesia.

“Hal ini untuk memudahkan mobilisasi di mana masing-masing zonasi akan saling back up namun tetap memperhatikan kebutuhan personel di daerah asalnya guna mengantisipasi Eskalasi gangguan Kamtibmas,” pungkas Listyo Sigit Prabowo. (Daniel)

Tinggalkan Balasan