Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Menhub Apresiasi Hasil Kerja Sama Angkutan Lebaran 2023

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi hasil kerja sama seluruh pemangku kepentingan agar transportasi Lebaran 2023 berjalan aman dan lancar.

Apresiasi tersebut disampaikan Menteri Hub saat menanggapi hasil survei evaluasi publik terhadap penanganan mudik 2023 yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator, yang menyatakan bahwa kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan mudik 2023 sebesar 78 persen atau meningkat dibandingkan hingga 2022 sebesar 73 persen.

“Alhamdulillah, lonjakan pemudik yang sudah kami perkirakan akan terjadi tahun ini dapat diantisipasi dengan baik. Hal ini berkat kerjasama dan koordinasi yang baik dari semua pihak yang terlibat mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaannya,” ujar Menhub dalam keterangannya. di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Menhub mengapresiasi sejumlah pihak yang terlibat dan mendukung kelancaran pelaksanaan mudik 2023, yakni TNI, Polri, Kementerian PMK, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri dan Pemda, BMKG, Basarnas, KNKT, operator transportasi, operator jalan tol, asosiasi, media, dan elemen terkait lainnya.

“Terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah bergotong royong mengikuti himbauan dan mengikuti aturan dengan tertib sehingga juga dapat mewujudkan harapan mudik yang aman dan efektif,” ujar Menhub.

Namun, dia menyatakan ada sejumlah evaluasi yang akan dilakukan agar penanganan arus mudik Lebaran 2024 bisa berjalan lebih baik lagi, terutama di titik-titik krusial seperti jalur Tol Trans Jawa dan Perlintasan Merak-Bakauheni. Pelabuhan.

“Penyelenggaraan mudik tahun depan akan lebih menantang karena animo masyarakat yang akan mudik semakin tinggi dan ekspektasi masyarakat terhadap kelancaran arus mudik dan balik juga semakin tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mencatat jumlah penumpang angkutan umum arus keluar dan arus balik pada 2023 meningkat 12,98 persen jika dibandingkan dengan 2022. Sedangkan jumlah kendaraan arus keluar dan arus balik naik 6,1 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. hingga 2022.

Berdasarkan hasil survei evaluasi penanganan mudik tahun 2023 yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator, kepuasan terhadap pengurusan mudik kelompok masyarakat yang melakukan mudik jauh lebih tinggi, yakni mencapai 89,5 persen.

Masyarakat paling puas dengan kondisi pengaturan lalu lintas (81,8 persen) selama arus mudik Lebaran 2023, diikuti angkutan umum (73,4 persen), ketersediaan BBM (71,8 persen), dan kondisi jalan (64,3 persen). .

Lebih lanjut, diperkirakan pergerakan orang yang melakukan perjalanan dalam dan luar negeri mencapai 132-134 juta orang atau tidak jauh berbeda dengan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan dengan perkiraan sebanyak 123,8 juta orang. (YOK)

Exit mobile version