Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kabar Baik untuk Pengguna Setia Kereta Api, Stasiun Jatinegara Layani 4 KA Jarak Jauh 

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkenalkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 sebagai pengganti Gapeka 2021 yang telah digunakan sebelumnya, termasuk di wilayah Daerah Operasi 1 Jakarta. 

Gapeka merupakan pedoman pengaturan perjalanan kereta api yang menggunakan representasi grafis untuk mengontrol perjalanan kereta api, meliputi stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan.

Pemberlakuan Gapeka baru ini akan memberikan sejumlah manfaat bagi pengguna jasa kereta api, terutama dalam pengaturan operasional pemberhentian Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di wilayah Daop 1 Jakarta.

Mulai 1 Juni 2023, terdapat empat KAJJ dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani penumpang naik juga dari Stasiun Jatinegara.

“Sebelumnya, Stasiun Jatinegara hanya melayani penurunan penumpang KAJJ,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, dikutip Senin (22/5/2023).

Berikut adalah daftar empat KAJJ yang akan melayani penumpang naik dari Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni 2023:

KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 06.46 WIB.

KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 09.06 WIB.

KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 16.56 WIB.

KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 18.46 WIB.

 

“Dengan penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara, diharapkan pelanggan KA Daop 1 Jakarta memiliki alternatif stasiun keberangkatan yang dapat dipilih,”jelas Eva.

Selain itu, pemberlakuan Gapeka 2023 juga memberikan manfaat efisiensi waktu perjalanan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Di wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 menghasilkan total efisiensi waktu perjalanan KA Jarak Jauh sebesar 2.512 menit per hari. Rinciannya adalah 880 menit untuk KA Argo, 585 menit untuk KA Eksekutif, 648 menit untuk KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit untuk KA Ekonomi. (Nugroho)

Tinggalkan Balasan