Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Dikelola TP PKK Jakarta Pusat, Ratusan Sayuran Hidroponik di Taman Melati Siap Panen

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Kebon Melati Hesti Novitosari bersama lurah Kebon Melati Ikhsan Kamil dan Kelompok Kegiatan (Poktan) RW 06 melakukan pemindahan 219 tanaman hidroponik jenis bayam yang telah disemai.

Pemindahan itu  ke rak-rak hidroponik yang ada di Taman Melati, Jalan Dukuh Pinggir III, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (26/5) sore.

Ketua TP PKK Kelurahan Kebon Melati Hesti Novitosari menjelaskan setelah disemai selama kurang lebih tujuh hari bibit bayam kini telah siap untuk naik proses dipindahkan ke rak-rak hidroponik.

“Total ada 3 rak hidroponik yang satu raknya berisi 73 Net pot, kurang lebih 3 minggu akan bisa kami panen, jadi total untuk menghasilkan bayam hidroponik ini membutuhkan waktu satu bulan,” jelasnya.

Hesti menuturkan sayuran hidroponik ini memiliki manfaat yang baik untuk warga sekitar selain harganya yang jauh lebih murah dibandingkan sayuran hidroponik yang dijual di swalayan, juga lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida.

 

“Setelah dipanen tanaman hidroponik ini biasanya akan dijual kembali kepada warga dan hasilnya akan digunakan membeli bibit kembali,” tuturnya.

Selain pemindahan bibit ke rak hidroponik, lanjut Hesti, ia bersama poktan RW 06 juga melakukan panen rosela dan Okra serta melakukan perawatan tanaman.

Ia pun berharap Poktan yang ada di RW 06 ini terus melakukan pembelajaran untuk meningkatkan ketahanan pangan dan terus menghijaukan lingkungan.

“Saat ini Antusiasme masyarakat di RW 06 untuk menanam tanaman untuk menghijaukan wilayah cukup baik meskipun dilahan yang terbatas,” tutupnya. (Nugroho)

Tinggalkan Balasan