Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

RI Didukung ASEAN Capai Prioritas Ekonomi pada SEOM 2/54

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Indonesia mendapatkan dukungan dari para negara mitra ASEAN untuk mencapai berbagai prioritas yang diusung tahun ini serta sepakat mendorong peningkatan kerja sama dan hubungan ekonomi.

Hal ini mengemuka pada Second Meeting of The ASEAN Senior Economic Officials for The Fifty-Fourth ASEAN Economic Ministers’ Meeting (SEOM 2/54) yang berlangsung pada 22–26 Mei 2023 di Jakarta.

“Pertemuan mengidentifikasi beberapa prioritas ekonomi yang mengalami kendala karena ada kesiapan domestik di negara ASEAN beragam. Namun kami optimis, dengan diskusi intensif, Indonesia mampu mendorong agar semua prioritas ekonomi dapat segera tercapai tahun ini,” ujar Direktur Perundingan ASEAN selaku alternate SEOM Chair Dina Kurniasari melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Sejumlah isu lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu berbagai perkembangan kerja sama dan perundingan dengan para negara mitra.

Secara khusus, ASEAN juga membahas berbagai perkembangan kerja sama dan perundingan dengan para negara mitra. Pertemuan turut dihadiri beberapa negara mitra ASEAN, yakni Amerika Serikat (AS), Tiongkok, Jepang, Kanada, Korea Selatan, dan India. Adapun isu-isu baru yang dibahas seperti ekonomi digital dan ekonomi hijau.

Pada pertemuan ASEAN dengan Tiongkok, Dina menuturkan, Indonesia menegaskan pentingnya penyelesaian berbagai kasus hambatan perdagangan untuk mendorong implementasi ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) yang lebih optimal. Selain itu, program peningkatan kapasitas penting dilakukan untuk mendorong penyelesaian perundingan upgrading ACFTA.

Dina menyampaikan, pada pertemuan ASEAN dengan India, Indonesia menyepakati perlu disusun rencana kerja yang lebih feasible untuk mendorong dilakukannya perundingan ASEAN India Trade in Goods Agreements (AITIGA) di tahun depan. Sementara saat bertemu dengan Kanada, disepakati perlu diintensifkannya diskusi terkait isu-isu outstanding.

Pada Pertemuan ini, Indonesia juga menyampaikan perkembangan terkini mengenai persiapan Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi ASEAN yang akan berlangsung tanggal 17-21 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah yang juga akan mengundang para Menteri Mitra Dialog ASEAN. Pada pertemuan tersebut sekaligus akan diluncurkan Tariff Finder dan ASEAN Online Sales Day (AOSD). (YOK)

Tinggalkan Balasan