Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Asean Para Games Dimulai,  CdM Andi Herman Yakini Indonesia Tampil Kampiun Lagi 

Mengikuti 12 Cabang Olahraga

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Sebanyak 268 atlet Disabilitas Indonesia mulai bertarung diajang Asean Para Games ke-12 di Kamboja dan mereka yakin dapat kembali digjaya di multi event tersebut sejak 3 – 9 Juni 2023.

“Kita yakin Indonesia kembali tampil Juara Umum Asean Para Games Kamboja,  In Shaa Allah. Mohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia,” kata Pimpinan Tim Indonesia (Chef de Mission) Andi Herman,  Sabtu (3/6).

Andi yang ketiga kalinya ditunjuk sebagai Cheef de Mission (CdM) merujuk kepada persiapan tim yang beranggotakan 268 atlet tersebut.

“Kita tidak mendahului Yang Kuasa,  tapi dari persiapan yang dilakuka kita bakal menjadi peraih medali terbanyak lagi,” ujar Andi yang keseharian menjabat Sesjampidsus, Kejaksaan Agung dengan optimis.

Kontingen Indonesia tiba di Kamboja,  Rabu (31/5) pagi usai seremoni pelepasan oleh Menpora di Balai Kota Surakarta, Senin (29/5), langsung mengadakan latihan dan sekaligus menjajal arena.

National Paralimpic Committee of Indonesia, sebelumnya  menargetkan Indonesia bisa mempertahankan juara umum di ASEAN Para Games Kamboja 2023.

Targetnya,  merebut  121 emas, 94 perak, dan 84 perunggu. Nomor yang dipertandingkan di Pnom Penh,  Kamboja sebanyak 540 dari 12 cabang olahraga (Cabor).
Ke-12 Cabor itu,  diantaranya para bulutangkis,  para angkat berat,  para tenis meja,  sepakbola CP,  voli duduk, para atletik, para tenang,  judo tunatera,  goal ball dan para catur.

Pada dua event sebelumnya di Malaysia, 2017 dan terakhir di Solo, 2022 Indonesia tampil sebagai Kampiun di Kawasan Asia Tenggara.

Untuk yang terakhir,  Filipina yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara mundur dengan alasan keuangan dan Pandemi  Covid-19, 2020. Vietnam pun mengajukan diri,  tapi juga mundur hingga akhirnya Indonesia ambil alih dan gelar multi event tersebut di Solo,  Jateng,  Mei 2022.

PARA BULUTANGKIS

Sehari sebelum pembukaan multi event pada Jumat (2/6) Indonesia sudah turun gelanggang mengikut Cabor Wheelchair Basket Ball.

Sayang, dari empat pertandingan Indonesia harus menerima kekalahan dari Kamboja,  Thailand, Malaysia dan Filipina.

Hari ini, Indonesia turun di Cabor Para Bulutangkis melawan Filipina.

Diprediksi Indonesia akan menang mudah dan melaju ke babak berikutnya.

Dalam ajang kali ini,  Thailand menirimkan kontingen terbesar sebanyak 629 orang disusul Indonesia sebanyak 580 orang.

Berikutnya, tuan rumah Kamboja sebanyak 343 orang.(ahi)

Tinggalkan Balasan