Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kanada Negara Pertama Beri Peringatan Kesehatan pada Setiap Batang Rokok

JAKARTANEWS.ID – KANADA: Kanada akan menjadi negara pertama yang melakukan pemberikan peringatan  kesehatan pada masing-masing rokok.

“Asap tembakau membahayakan anak-anak.” “Rokok menyebabkan leukemia.” “Racun di setiap tiupan.”

Itulah beberapa pesan yang akan segera muncul dalam bahasa Inggris dan Prancis tentang rokok di Kanada. Kanada mengumumkan akan mewajibkan peringatan kesehatan untuk dicetak langsung, pada setiap batang rokok negara pertama di dunia yang melakukannya, pada Rabu (31/5/2023).

“Peraturan Penampilan, Pengemasan, dan Pelabelan Produk Tembakau yang baru akan menjadi bagian dari upaya berkelanjutan Pemerintah Kanada untuk membantu orang dewasa yang merokok untuk berhenti, untuk melindungi kaum muda dan pengguna non-tembakau dari kecanduan nikotin, dan untuk semakin mengurangi daya tarik tembakau, ” kata pejabat kesehatan Kanada.

Pejabat kesehatan mengatakan label pada masing-masing rokok akan membuat “nyaris tidak mungkin” bagi perokok untuk menghindari peringatan.

“Persyaratan baru adalah ukuran preseden dunia yang akan menjangkau setiap orang yang merokok dengan setiap isapan,” kata Rob Cunningham, seorang analis kebijakan senior di Canadian Cancer Society.

Peraturan tersebut merupakan bagian dari tujuan negara untuk menurunkan penggunaan tembakau secara nasional menjadi kurang dari 5% pada 2035.

Ini akan disertai dengan langkah-langkah lain yang bertujuan untuk mengurangi jumlah perokok di tanah air, termasuk penguatan pesan kesehatan pada kemasan produk tembakau.

“Penggunaan tembakau terus menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat Kanada yang paling signifikan, dan merupakan penyebab utama penyakit dan kematian dini yang dapat dicegah di negara itu,” kata Menteri Kesehatan Jean-Yves Duclos dalam sebuah pernyataan.

“Pemerintah kami menggunakan setiap alat berbasis bukti yang kami miliki untuk membantu melindungi kesehatan warga Kanada, terutama kaum muda,” lanjutnya.

Siaran pers tersebut mengatakan aturan baru mulai berlaku 1 Agustus, tetapi akan diterapkan secara bertahap. Yakni pengecer yang menjual paket produk tembakau harus menampilkan peringatan baru paling lambat akhir April 2024.

Rokok king-size pertama-tama akan menampilkan peringatan individu pada akhir Juli 2024, kemudian diikuti oleh rokok ukuran biasa dan produk lainnya pada akhir April 2025. (Amin)

Tinggalkan Balasan