Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Melalui Program Jakonik, Bank DKI Raih Penghargaan The Best CSR 2023 dari B-Universe

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Bank DKI kembali mendapat penghargaan dari B-Universe sebagai perusahaan yang menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Terbaik. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Komersial & Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini pada gelaran B-Universe CSR Awards 2023 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (7/6).

Herry Djufraini menyatakan tingginya aktivitas ekonomi menimbulkan dampak terhadap lingkungan dan sosial, sehingga di situlah peran CSR diperlukan. “Berbagai dampak tersebut perlu direspon perusahaan dengan program inisiatif CSR sebagai upaya bisnis berkelanjutan,” ujar Herry. Menurutnya, penghargaan ini akan memotivasi Bank DKI mengelola program CSR dengan lebih baik demi kepedulian lingkungan.

Secara terpisah, Direktur Utama Fidri Arnaldy mengatakan sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank DKI menjalankan peran sebagai fasilitator pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Bank DKI berfokus pada inisiatif CSR yang bertujuan pada pemberdayaan masyarakat lokal yang memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup,” urai Fidri.

Ia mencontohkan pembentukan Jakarta Koperasi Hidroponik (Jakonik) adalah program CSR unggulan Bank DKI yang dilakukan sejak tahun 2014. “Kegiatan itu melibatkan peran aktif masyarakat dalam menghidupkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Jakonik saat ini memliki sembilan kelompok anggota yang tersebar di kawasan rusun di Jakarta. “Para anggota Jakonik telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen dan tata kelola hulu-hilir bisnis hidroponik, dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, penyedia sarana dan prasarana meliputi pupuk, bibit dan peralatan,” jelas Fidri.

Komisaris Utama B-Universe Enggartiasto Lukita menjelaskan penghargaan CSR Award 2023 merupakan bentuk apresiasi dari B-Universe kepada perusahaan yang telah menunjukkan kinerja CSR yang unggul dan konsisten. Beberapa indikator yang dijadikan kriteria penilaian, terdiri atas relevansi, dampak, keberlanjutan, transparansi dan jejaring kolaboratif. Tim riset B-Universe telah mengkurasi lebih dari 800 perusahaan untuk disaring menjadi 100 terbaik, hingga dipilih 30 perusahaan dari 23 sektor yang diberikan penghargaan untuk kategori terbaik dari yang terbaik.

Enggar mengungkapkan alasan mengadakan event ini untuk memberikan apresiasi terbaik kepada perusahaan yang masih terus konsisten menjalankan program CSR. “Bagaimanapun CSR turut membantu menguatkan masyarakat yang lemah, tidak memiliki akses, tidak beruntung, agar tetap bertahan, bahkan bangkit dari keterpurukan setelah dihantam Covid-19. Budaya Indonesia yang tak bisa dilupakan adalah kebersamaan, gotong-royong. Itu yang membuat ekonomi Indonesia kuat dan bangkit,” papar Enggar.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan di bawah kepemimpinan Fidri Arnaldy, Bank DKI secara aktif melaksanakan berbagai program CSR di antaranya revitalisasi mangrove, budidaya magot, dan lainnya. Dalam momentum HUT Ke-62 Bak DKI pada 11 April 2023 menggelontorkan santunan senilai total Rp 2 miliar kepada 8.500 anak yatim dan dhuafa serta paket umroh kepada 7 orang marbot. Selain itu, Bank DKI juga turut membantu meringankan beban masyarakat pada kejadian bencana daerah maupun nasional. (joko)

Tinggalkan Balasan