Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

AHY Jadi Salah Satu Nominator Cawapres Ganjar, Jamiluddin Ritonga: Bisa Jadi Jebakan Batman

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Puan Maharani menyebut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk radar PDIP untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Hal itu tentu mengejutkan karena selama ini banyak elite PDIP yang menilai AHY dari sisi negatifnya. Seolah AHY sosok yang tidak ada benarnya. AHY seolah anak kemarin sore yang tak punya pengalaman dan prestasi.

Demikian dikemukakan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada para awak media, Kamis (8/6/2023).

Dengan AHY masuk radar PDIP, lanjut Jamiluddin, tentu penilaian negatif terhadap AHY itu menjadi sirna. “Penilaian sebagian kader PDIP itu bukan didasarkan atas objektifitas, tapi lebih pada ketidaksukaan,” kata Jamiluddin.

Dengan pernyataan Puan itu, tutur Jamiluddin, PDIP secara institusi justru menilai AHY punya nilai lebih. “AHY dinilai punya kapasitas untuk menjadi cawapres,” ujar Dosen Pasca Sarjana Fikom Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Meski begitu, Jamiluddin menilai, masuknya AHY dalam radar PDIP bisa jadi hanya jebakan batman. “Bisa saja hal itu hanya untuk mengiming-imingi Demokrat, termasuk AHY, untuk mau merapat ke PDIP,” ulas Jamiluddin.

Harapannya, ungkap Jamiluddin, Demokrat dapat berpaling dari Koalisi Perubahan. “Kalau hal ini terwujud, tentu akan berdampak pada pencapresan Anies Baswedan,” tutur Dekan Fikom IISIP, Jakarta 1996-1999 ini.

Penulis Buku Tipologi Pesan Persuasif ini mengatakan, upaya PDIP itu bisa saja untuk membuat Koalisi Perubahan pecah. “Dengan begitu, upaya penjegalan Anies menjadi capres dapat mereka wujudkan,” pungkas Jamiluddin Ritonga. (Daniel)

Tinggalkan Balasan