Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Megawati Putuskan Sendiri Cawapres Ganjar, Jamiluddin Ritonga: Rendahkan Partai Pendukung Lainnya

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menentukan sendiri pendamping Ganjar Pranowo karena memiliki privilese untuk mengusung pasangan capres-cawapres tanpa harus didukung partai politik lain.

Keinginan Megawati itu tentu wajar karena partainya memenuhi PT 20 persen. Megawati ingin mandiri menentukan pendamping ganjar, tanpa cawe-cawe Joko Widodo (Jokowi) dan partai pendukung lainnya.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada para awak media, Sabtu (10/6/2023).

Menurut Jamiluddin, putusan Megawati itu jelas mengabaikan partai lain yang telah menyatakan mendukung Ganjar sebagai capres. “Setidaknya PPP, Hanura, dan Perindo dianggap hanya penggembira saja,” ujar Jamiluddin.

Jamiluddin menilai, tiga partai itu kesannya tidak diberi hak suara untuk menentukan cawapresnya Ganjar. “Karena itu, tidak ada kesetaraan antara PDIP dengan PPP, Hanura, dan Perindo,” tutur Dosen Pasca Sarjana Fikom Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Hal itu, ujar Jamiluddin, tentu mengesankan, tiga partai tersebut tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan strategis. “PPP, Hanura, dan Perindo hanya dimanfaatkan untuk menambah suara,” jelas Jamiluddin.

Mantan Dekan Fikom IISIP, Jakarta 1996-1999 ini berpendapat, kesan itu tentu dapat merendahkan marwah tiga partai tersebut. “Mereka dinilai rendah karena mau dijadikan mesin politik untuk memenangkan Ganjar semata. Hal itu tentu tamparan bagi kader tiga partai tersebut,” pungkas Jamiluddin Ritonga. (Daniel)

Tinggalkan Balasan