Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Minim Keluhan, PPDB di Jatim Disebut Pro Rakyat

JAKARTANEWS.ID -SURABAYA: DPRD Jawa Timur memberikan apresiasi dalam pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di Jawa Timur. Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur Artono mengatakan selama ini ketika turun ke bawah belum ada keluhan dari masyarakat terkait sistem PPDB yang saat ini sedang berlangsung.

“Karena sistemnya online dan akses semuanya lancar sehingga ini bisa meminimalisir adanya keluhan dari masyarakat,” ujar politisi PKS ini, Minggu 11 Juni 2023.

Pria asal Lumajang ini mengatakan kalaupun ada keluhan, tentunya hanyalah masalah klasik yang sering timbul tiap tahunnya.

“Semuanya bisa diselesaikan dengan baik, dan untuk sementara tidak menimbulkan gejolak di masyarakat,” jelasnya.

Artono lalu juga memberikan apresiasi terhadap PPDB keberpihakan terhadap rakyat, misalnya ada prioritas untuk anak nakes yang meninggal akibat Covid-19.

“Ini tentunya kebijakan yang pro rakyat,” jelasnya.

Selain untuk, keluarga nakes yang meninggal akibat covid-19, lanjut Artono, juga disediakan pula kuota untuk ketua OSIS termasuk dalam prestasi hasil lomba dengan proporsi 5%. Kuota ini diberikan untuk menjaring siswa yang multi talenta dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Pemprov Jatim, sambung Artono juga memberikan perhatian khusus kepada siswa penyandang disabilitas dari SMP-LB untuk dapat mengenyam pendidikan dimanapun. Termasuk sekolah reguler. Dalam hal ini,lanjutnya melalui Dindik Jatim merealisasikannya melalui kuota penyandang disabilitas.

“Dengan kata lain, siswa penyandang disabilitas dari SMP-LB dapat mendaftar PPDB 2023 pada SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur dengan ketentuan siswa tersebut adalah penyandang disabilitas

Ditambahkan oleh Artono, Pemprov Jatim juga menyediakan Golden Ticket bagi siswa penghafal Al-Qur’an (Hafidz Quran). Menurut Khofifah kuota ini perlu disediakan untuk menjaring siswa yang memiliki kekuatan religiusitas , keimanan, dan ketaqwaan yang tinggi untuk menjadi generasi muda yang berakhlak mulia.

“Kuota ini masuk dalam jalur Prestasi Hasil Lomba dengan proporsi 5%. Untuk hafidz Quran kita sediakan kuota di setiap SMA/SMK negeri di Jatim menerima 1 (satu) siswa,” tandasnya.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri Jawa Timur akan dimulai bulan Juni mendatang. Sosialisasi juknis PPDB Jatim 2023 telah berlangsung sejak Februari hingga Mei.PPDB Jatim 2023 terbuka untuk 5 jalur. Mulai jalur afirmasi, perpindahan tugas, prestasi hasil lomba, prestasi nilai akademik, dan jalur zonasi. (yudhie)

Exit mobile version