Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Biaya Pendidikan Menanjak, Saatnya Kelola Keuangan Berbasis Syariah

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Manajemen keuangan sangat penting untuk menyiapkan masa depan yang mapan. Untuk itu, pengelolaan keuangan syariah merupakan pilihan yang relevan bagi masyarakat guna mencapai kebebasan finansial sejak dini melalui berbagai produk tabungan, investasi serta proteksi.

Head of Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari mengatakan di era modern ini, orang tua tidak perlu khawatir karena dapat mengatur keuangan keluarga sesuai dengan prinsip syariah untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga.
“Pendekatan Maybank Shariah Wealth Management (Maybank SWM) yang mengadopsi konsep life journey yaitu creation, accumulation, protection, purification dan distribution menjadi bagian penting dalam mengelola kekayaan sesuai dengan prinsip keuangan syariah,” katanya di Jakarta, Senin (12/6/2023).
Dipaparkan, jika ingin memulai perencanaan dana untuk pendidikan anak, langkah pertama yang efektif dilakukan adalah membuka rekening tabungan. Maybank Indonesia telah menghadirkan Maybank Tabungan U iB berakad Mudharabah yang memberikan keleluasaan bagi nasabah dalam menyisihkan dana dan mencapai kebutuhan finansial di masa mendatang dan memberikan banyak kebebasan biaya-biaya seperti bebas biaya transaksi, transfer maupun biaya tarik tunai di ATM Bank lain.
Cara lain juga dapat dilakukan adalah investasi berbasis syariah dengan tujuan pendidikan. Investasi dalam konteks Maybank SWM merupakan bagian dari creation yang mengacu pada penciptaan nilai tambah. Di sini, para orang tua dapat mengatur investasi yang diinginkan berdasarkan profil risiko dan jangka waktu yang sesuai dengan perencanaan dana pendidikan.
“Melalui fasilitas Maybank Rekening Dana Nasabah (RDN) syariah, calon investor dapat memaksimalkan hasil manfaatnya lewat pembelian instrumen saham atau efek yang terintegrasi melalui aplikasi online trading Maybank Trade dari PT Maybank Sekuritas Indonesia (Maybank Sekuritas),” Romy menjelaskan..
Tidak kalah penting adalah perencanaan dana pendidikan melalui asuransi jiwa berbasis syariah. My Protection Bijak II dari Maybank Indonesia merupakan produk asuransi syariah yang menyediakan kombinasi perlindungan jiwa dengan 13 pilihan manfaat tambahan, sekaligus investasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
My Protection Bijak II juga akan membayarkan manfaat meninggal dunia kepada penerima manfaat berikut dengan penambahan nilai investasinya. Selain itu, My Protection Bijak II juga telah mengintegrasikan fitur wakaf sehingga Nasabah dapat secara langsung memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat melalui wakaf. Hal ini memberikan dimensi purification yang lebih dalam dalam pengelolaan keuangan syariah, di mana Nasabah tidak hanya melindungi kekayaan, tetapi juga berkontribusi dalam upaya pemberdayaan sosial dan amal. (YOK)

Tinggalkan Balasan