Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Jakarta Berkurban 2023, Baznas Bazis DKI Targetkan Potong Sapi dan Kambing Senilai Rp 19 Miliar

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Dalam rangka memuliakan hari raya Idhul Adha, Baznas Bazis DKI Jakarta menggelar kegiatan bertajuk ‘Jakarta Berkurban Tahun 2023’. Pada hajatan ini ditargetkan akan terkumpul 1.500 hewan kurban sapi dan kambing atau setara dengan Rp 19 miliar yang akan didistribusikan pada daerah kumuh dan miskin, termasuk pulau terluka yakni Pulau Sebira, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Ketua Baznas BAZIS DKI Jakarta, Akhmad H Abubakar menegaskan, ibadah kurban melalui Baznas Bazis DKI Jakarta dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman tanpa harus keluar rumah. “Untuk merealisasi hal tersebut kami siap menggandeng seluruh BUMD jajaran Pemprov DKI dan membuka kesempatan bagi masyarakat luas,” ujar Abubakar di kantornya kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (13/6).

“Dengan telepon genggam atau perangkat komputer, masyarakat sudah bisa berkurban. Melaui ponsel dapat dilakukan di mana saja dengan mengakses berbagai layanan kurban online melalui laman simpulkebaikan.id/kurban, layanan perbankan, e-commerce dan gerai retail,” ujarnya Abubakar didampingi Wakil Ketua IV Nasir Tajang dan Ketua Panitia Jakarta Berkurban 2023 Achmad Irsan.

Dalam program Jakarta Berkurban kali ini, kata Abubakar, akan dilakukan di pulau terluar Jakarta, yakni di Pulau Sebut dan sejumlah kampung kumuh di Jakarta. Pihaknya berharap, dengan adanya penyaluran bantuan daging kurban itu bisa turut mengatasi stunting di Jakarta di mana, preferensinya balita yang terkena stunting sebesar 14 persen dari jumlah 120 ribu balita. “Pusat penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Pulau Sebira yang merupakan pulau terluar dari wilayah DKI Jakarta dengan jumlah penduduk 150 KK dari 600 jiwa yang tergolong masyarakat dengan perekonomian rendah,” katanya.

Tahun ini, ucap Ahmad, Baznas Bazis DKI Jakarta menargetkan bisa memotong 1500 hewan kurban atau senilai Rp19 miliar. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat mampu di Jakarta untuk turut melakukan ibadah kurban melalui Baznas Bazis DKI Jakarta. Adapun tahun 2022, karena masih dalam suasana pandemi sehingga kegiatan berkurban tidak maksimal, hanya memotong 250 ekor sapi dan 90 kambing atau total senilai Rp 8,1 miliar.

“Selain penyembelihan hewan kurban, Baznas Bazis DKI Jakarta juga akan memberikan bantuan kepada nelayan untuk menunjang dan menumbuhkan perekonomian masyarakat. Bantuan tersebut berupa 37 unit GPS untuk melacak keberadaan ikan dan 13 freezer untuk UMKM. Selanjutnya, akan dilakukan bedah rumah dhuafa sebanyak 3 rumah dengan nilai Rp50 juta per rumah.

“Tahun ini, Baznas Bazis DKI Jakarta akan menyinergikan antara kurban Baznas Bazis DKI Jakarta dengan kurban dari para BUMD yang lebih difokuskan pendistribusian kurban tak hanya berpusat di kampung kumuh tapi juga kampung-kampung yang berada di Kepulauan Seribu.

Wakil Ketua IV M Nasir Tajang mengungkapkan, target penghimpunan Jakarta Berkurban 2023 ini mengalami kenaikan hingga 125 persen. Dalam pendistribusian dan penyalurannya, Baznas Bazis DKI Jakarta akan memastikan tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar’i, Aman Regulasi dan Aman NKRI,” jelasnya.

Tahun ini, jelasnya, Baznas Bazis DKI Jakarta menetapkan harga hewan kurban untuk 1 ekor sapi Rp 22 juta atau 3,2 juta perorangan, 1 kambing seharga Rp 3,4 juta. Untuk memudahkan distribusi dan awet penyimpanan, daging kurban akan dikelas dalam kaleng lalu disalurkan ke rumah warga. “Kami juga membuka sedekah daging yang akan disebar ke masyarakat. Nanti, kami akan menyebarkan kupon sedekah senilai Rp 10 ribu dan Rp 50 ribu, ke masyarakat untuk dihimpun dan kami belikan sapi untuk kembali disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutur Nasir. (joko)

Exit mobile version