Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Wasit Basket Naik Level, Perbasi Tangsel dan D’greenfield Gelar Penataran di RW 06 Taman Mangu Indah

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA : Profesi wasit bola basket kini semakin dilirik. Hal ini seiring dengan tingginya animo basket dan makin seringnya kompetisi antar klub baik yang profesional maupun amatir di tanah air.

Kali ini, Perbasi Kota Tangerang Selatan  bekerjasama dengan Dgreenfield menggelar penataran wasit di lapangan RW 06 Taman Mangun Indah, Pondok Aren Tangerang Selatan.

Perwakilan Komisi Wasit Perbasi Tangsel Arianto Adikara menuturkan tujuan penataran ini masuk dalam kalender kerja komisi perwasitan untuk update peraturan dan peningkatan kualitas.

Total ada 58 peserta baik yang baru maupun refresh. Pihaknya mau menciptakan wasit baru yang berkualitas. Karena semakin banyaknya pertandingan, klub, akademi, dan komunitas, maka pertandingan makin banyak.

“Kalau wasitnya kurang dan tak udate, kami tak bisa penuhi. Sehingga lisensi wasit ini mesti aktif,” kata Ari, Minggu (18/6).

Menurut Ari, meski sudah memiliki lisensi, wasit juga mesti meningkatkan kualitasnya.

“Karena kan perkembangan bola basket ini pesat sekali ya. Jadi wasit meski sudah berlisensi juga mesti punya pemahaman yang penting soal ilmu pengetahuan dan teknologinya,” ujar Ari yang juga wasit senior ini.

Dalam pelatihan yang berlangsung 17, 18, 24 dan 25 Juni ini, materi yang diberikan adalah FIBA rules, pre test, post test, praktik lapangan hingga fisik.

“Ini terbuka buat umum ya. Khususnya akademi dan klub basket juga mesti ada satu staf nya yang memiliki kemampuan wasit. Karena aturan AD/ART Perbasi mensyaratkan itu,” ungkap Ari.

Ia menuturkan, Tangsel termasuk penghasil banyak wasit berkualitas dan konsistensi ini mesti terjaga.

“Kami harapkan ada wasit Tangsel yang bisa menembus level FIBA. Karena wasiat basket ini bisa menjadi profesi, bahkan sampai tingkat internasional. Kalau bisa jadi wasit internasional jenjang karirnya lebih besar,” harap Ari.

Sementara itu, Ketua RW 06 Taman Mangun Indah Hanief Arief menuturkan, penggunaan gedung balai RW dan lapangan basket merupakan wujud dukungan pihaknya terhadap kemajuan olah raga raga tanah air.

Hanief ingin sejumlah kegiatan positif bisa diadakan di Taman Mangu Indah.

“Kami ingin mendukung penuh segala kegiatan olah raga yang bermanfaat. Sekaligus memperkenalkan RW 06 Taman Mangu ke sejumlah komunitas olah raga untuk bisa bermain disini,” tutur Hanief. (Nugroho)

Tinggalkan Balasan