Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Menkes Optimistis RUU Kesehatan akan Segera Disahkan Menjadi Undang-undang

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi Komisi IX DPR RI yang telah mengambil keputusan tingkat I terhadap rancangan undang-undang (RUU) tentang Kesehatan.

Di mana hal ini berarti tinggal selangkah lagi RUU tersebut dapat disahkan menjadi undang-undang dalam Rapat Paripurna DPR RI.

Budi beranggapan, tak puasnya sejumlah pihak terkait RUU Kesehatan merupakan hal yang lumrah dalam demokrasi.

Menurut Budi, tugas pemerintah untuk selanjutnya mensosialisasikan RUU yang menggunakan metode Omnibus Law itu.

“Saya rasa di alam demokrasi kita harus belajar, tidak mungkin semua pandangan kita sama, tapi begitu keputusannya jalan, kita sama sama bangsa masyarakat Indonesia,” ujar Budi usai Rapat Pengambilan Keputusan Tingkat I RUU Kesehatan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023).

“Jadi buat yang menolak, tugas dan kewajiban saya untuk menjelaskan dan mendengarkan. Mungkin ada aspirasi-aspirasi yang mungkin baik, kalau misalnya belum ada yang jelas, kita harus sampaikan,” sambung Budi.

Budi mengungkapkan, pemerintah sendiri telah melaksanakan 115 kali kegiatan partisipasi publik yang dihadiri 1.200 pemangku kepentingan dalam bentuk organisasi dan 72 ribu peserta.

“Pemerintah juga menerima 2.700 masukan terkait RUU Kesehatan,” beber Budi.

RUU Kesehatan, lanjut Budi, merupakan kompas bagi transformasi sistem kesehatan Indonesia.

Oleh karenanya, jelas Budi, tanpa kerjasama dari berbagai pihak, mustahil untuk mencapai tujuan transformasi tersebut.

“Mari kita menatap ke depan dan bekerja keras ke depan dan bekerja keras bersama sekarang sesuai dengan semangat gotong royong yang merupakan budaya asli bangsa kita. Salus populi suprema lex esto, keselamatan dan kesehatan rakyat merupakan hukum tertinggi,” tuntas Budi Gunadi Sadikin.

Dengan ditetapkannya RUU Kesehatan dalam rapat pengambilan keputusan tingkat I maka payung hukum yang bertujuan untuk menghadirkan transformasi layanan kesehatan itu dapat dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI terdekat untuk disahkan menjadi undang-undang. (Daniel)

Tinggalkan Balasan