Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Populi Center: Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Presiden Jokowi Meningkat

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Lembaga survei Public Opinion and Policy Research (Populi) Center mengeluarkan hasil penelitian terbarunya terkait dengan tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini.

Hasilnya, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi menurut masyarakat mengalami peningkatan dibandingkan pada hasil survei bulan sebelumnya.

Sebanyak 77,8 persen masyarakat menilai puas dengan kinerja dari Presiden Jokowi.

Demikian diungkapkan Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati saat menyampaikan hasil surveinya di Kantor Populi Center, Jakarta, Senin (26/6/2023).

“Data menunjukkan, masyarakat semakin mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi. Ini terlihat dari kenaikan tingkat kepuasan dari 75,4 persen (dari survei Mei 2023) menjadi 77,8 persen pada bulanini,” kata Hartanto.

Rinciannya, sebut Hartanto, dari jumlah 77,8 persen itu di mana sebanyak 11,1 persen publik sangat puas dan 66,7 persen masyarakat menilai puas.

“Sementara itu, yang menjawab tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi ada sebanyak 20,7 persen dengan rincian 2,2 menilai sangat tidak puas dan 18,5 persen menilai tidak puas. Adapun sebesar 1,5 persen responden menyatakan tidak tahu/tidak menjawab,” urai Hartanto.

Hartanto mengatakan, dari tingginya kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi itu berdampak pada program kerja yang sudah dilakukan Jokowi bersama Kabinet Indonesia Maju.

Di mana, tutur Hartanto, terdapat beberapa program yang dilakukan Jokowi ini dinilai harus dilanjutkan oleh presiden terpilih nantinya.

“Harapan besar dari masyarakat agar program yang ada saat ini dapat diteruskan oleh presiden selanjutnya,” ujar Hartanto.

Adapun program yang paling perlu dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya, beber Hartanto, yakni bantuan sosial dan pembangunan infrastruktur.

“Program bantuan sosial ini perlu dilanjutkan, sebanyak 33,6 persen dan pembangunan infrastruktur itu 19,6 persen menjadi dua hal yang paling diharapkan oleh masyarakat agar diteruskan oleh presiden mendatang,” tandas Hartanto.

Sebagai informasi, survei Populi Center ini dilakukan dalam periode 5 sampai 12 Juni 2023. Dimana, sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia.

Dimana survei ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling.

Adapun metode pengambilan data survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka atau face to face dengan menggunakan aplikasi dari Populi Center.

Sementara, survei ini memilih Margin of Error (MoE) sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Daniel)

Tinggalkan Balasan