Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Hewan Kurban Belum Dipotong, Mustahik Sudah Berdatangan ke Masjid Baiturahim Angkasa Minta Daging

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Masih pagi, usai Salat Idul Adha, kaum mustahik sudah mendatangi panitia kurban di masjid-masjid untuk minta jatah pembagian daging. Mereka terpaksa proaktif menanyakan kepada petugas karena khawatir jika tidak kebagian daging kambing atau sapi yang sangat dibutuhkannya untuk dinikmati maupun sebagai obat tekanan darah rendah.

Salah satu tempat pemotongan hewan kurban yakni Masjid Baiturahim di kompleks Wisma Angkasa Pura RT 01 RW 07 Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, banyak didatangi kaum mustahik untuk memastikan mereka bakal dapat jatah daging. “Tolonglah, Pak, nama saya didaftar supaya dapat daging kambing untuk obat menaikkan tensi darah. Keluarga kami gak mampu beli daging yang harganya sangat mahal,” ujar Wardiyo, warga dari permukiman padat kawasan Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (29/6). Ia dan beberapa temen sudah datang ke masjid lain tapi sudah kehabisan kupon.

Petugas pun langsung memasukkan nama lelaki tersebut ke dalam daftar cadangan mustahik. “Insya Allah, nama Bapak kami masukkan ke daftar, semoga kebagian. Karena sebelumnya kami sudah membuat daftar sendiri jumlah mustahik. Tapi silakan Bapak pulang dulu, karena hewan baru dipotong mulai jam 09.00 dan daging dibagikan setelah lohor,” ujar panitia yang mengaku banyak banget disamperi warga miskin yang butuh daging.

Ketua Panitia Kurban Idul Adha Masjid Baiturahim Angkasa 2023 Iim Rusyamsi menyatakan pada kegiatan kali ini jumlah hewan kurban yang dipotong terdiri dari tiga ekor sapi dan 23 ekor kambing, termasuk seekor kambing sumbangan dari warga non-muslim. “Alhamdulillah, jumlahnya meningkat dibanding tahun lalu yang terdiri dari lima ekor sapi dan delapan ekor kambing,” kata Iim di Masjid Baiturahim Jl Mokmer I RW 07 Gunung Sahari Utara, Jakarta Pusat. Di lokasi tersebut juga didatangi petugas kesehatan hewan dari Sudin KPKP maupun Sudin Lingkungan Hidup.

Adapun sebelumnya, panitia sudah menyebar 344 kupon daging khusus bagi warga komplek yang terdiri dari 11 RT. “Dengan banyaknya hewan kurban yang dipotong kali ini, panitia bisa membagikan lebih dari 500 paket daging kepada warga. Kelebihan daging itu diprioritaskan dibagikan kepada mustahik di kawasan Pademangan, Jl Industri, Gang Lilin, dan lainnya,” jelas Iim yang juga Ketua DKM Baiturahim Angkasa. “InsyaAllah semua daging kurban bisa tuntas didistribusikan hari ini juga secara tepat sasaran dan aman syar’i,” sambungnya.

Iim menambahkan panitia kurban kali ini lebih banyak melibatkan berbagai unsur masyarakat dari yang muda sampai tua. “Panitia yang terdiri dari pengurus masjid berkolaborasi dengan pengurus RT/RW, remaja masjid, jamaah masjid, tokoh warga, dan lainnya, bahu-membahu melakukan pemotongan sapi dan kambing hingga membagikannya kepada mustahik,” pungkas Iim yang juga Ketua OK-OCE Indonesia, program pemberdayaan UMKM besaran Sandiaga Uno.

Euis, petugas Sudin Lingkungan Hidup Kecamatan Sawah Besar menilai fasilitas pemotongan kurban di Masjid Baiturahim sudah sangat bagus, higienis, dan ramah lingkungan. “Lubang pembuangan limbah seperti darah dan kotoran sudah ada penampungan tersendiri sehingga tidak mencemari lingkungan. Tapi sayangnya untuk bungkus daging masih pakai kantung plastik, mestinya pakai besek atau anyaman bambu yang tidak mencemari lingkungan. Jadi, ke depan tidak boleh lagi pakai kantung plastik,” pesan Euis. (joko)

Tinggalkan Balasan