Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Uji Coba LRT Jabodebek, PLN Pastikan Suplai Listrik Andal

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya bersama dengan PT Adhi Karya melakukan uji coba Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, dalam tinjauannya menjelaskan bahwa PLN siap memberikan suplai listrik yang cukup dan andal bagi kendaraan umum berbasis listrik ini.

Kebutuhan daya LRT Jabodebek dengan kontraktor PT Adhi Karya yaitu 47.000 kilo Volt Ampere (kVA) pada sisi tegangan menengah dan 2.167 kVA pada tegangan rendah. Panjang total jaringan kelistrikan yang digelar pada fase ini yaitu 43,5 kilo meter sirkuit (kms). LRT dipasok menggunakan listrik berlapis untuk pengoperasian dan stasiunnya.

Manajer Operasi PT Adhi Karya, Hardjita, menyampaikan apresiasi kepada PLN yang sudah bekerjasama dengan baik dalam proses pembangunan LRT mulai dari perencanaan di tahun 2015. PLN selalu hadir dalam setiap perjalanan proses pembangunan LRT dan mendukung kebutuhan maupun keandalan listriknya.

PLN juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin. LRT telah menggunakan listrik PLN sejak masa konstruksi. Hal ini adalah komitmen untuk tetap menggunakan listrik tanpa polusi udara dan suara pada proses pembangunan.

Doddy dan rombongan PLN mengikuti uji coba LRT dari Stasiun Ciliwung sampai dengan Stasiun Dukuh Atas.

Doddy menyampaikan optimis LRT akan membawa dampak positif sebagai transportasi umum untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan dan membantu mengurangi polusi udara.

“LRT merupakan transportasi publik berbasis listrik, jadi kehadirannya memang salah satu opsi untuk turut mendukung Net Zero Emission 2060 dan kami akan mendukung penuh dengan kecukupan serta keandalan listriknya,” kata Doddy di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Selain LRT, PLN juga turut menjaga keandalan pasokan dan kecukupan suplai untuk transportasi publik yang menggunakan energi listrik lainnya seperti MRT, KRL, serta bus listrik Transjakarta.

Pada akhir kunjungan, Doddy menegaskan komitmennya untuk mencukupi kebutuhan listrik LRT pada pembangunan fase-fase berikutnya. (YOK)

Tinggalkan Balasan