Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Sampah B3 Berbahaya bagi Lingkungan, Dinas LH DKI Gandeng PT CAR untuk Mengolah Limbah Elektronik Agar Aman

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Limbah elektronik merupakan sampah spesifik yang harus ditangani dengan benar, terlebih lagi di Jakarta timbulan sampah jenis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) ini makin membludak. Sampah berupa baterai, aki, handphone, komputer, lampu, kabel, oli, dan lainnya jika dibuang sembarangan dapat berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup.

Untuk meminimalisasi pencemaran dari limbah elektronik, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan perusahaan swasta pengolahan limbah elektronik yakni PT Citra Asia Raya (CAR). Dalam kerja sama tersebut, pabrik yang berlokasi di Purwakarta dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berkewajiban mengolah sampah B3 dari Jakarta. Secara seremonial, kerja sama itu dituangkan dalam tanda tangan MoU antara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto dan Dirut PT Citra Asia Raya (CAR) Irwan di Jakarta, Kamis (13/7).

Asep menjelaskan untuk memberikan layanan pengelolaan sampah elektronik secara gratis kepada warga Jakarta pihaknya menggandeng PT CAR untuk mengolah sampah tersebut. “Jakarta merupakan pionir dalam pengelolaan sampah elektronik. Pengelolaan sampah spesifik dan turunannya, baru di Jakarta yang mengawalinya. Di daerah lain belum ada regulasinya. Semoga langkah ini bisa ditiru oleh daerah lain di Indonesia,” ujar Asep usai melakukan tanda tangan MoU. Ia menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta memiliki keseriusan dalam menangani masalah sampah spesifik sejak lama, misalnya memberi kemudahan kepada warga Jakarta yang akan membuang sampah spesifik termasuk sampah elektronik. “Sejak 2017, Dinas LH memiliki layanan penjemputan langsung sampah elektronik yang ada di masyarakat secara gratis,” sambung Asep.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya, dan Beracun (PSLB3) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusiono Supalal menjelaskan, timbulan sampah elektronik di Jakarta tahun 2021 mencapai 75,63 ton per hari dan diprediksikan terjadi peningkatan 20 persen menjadi 90,23 ton per hari pada tahun 2045. “Oleh karena itu, sampah elektronik ini harus dikelola dengan baik,” kata Yusiono. Dalam rangka mengelola sampah elektronik dengan baik, pihaknya memberikan kepercayaan kepada PT CAR untuk mengelola sampah elektronik secara gratis karena memiliki perizinan yang lengkap, serta berpengalaman mengelola sampah elektronik. Adapun, ruang lingkup dari Perjanjian Kerja Sama ini, meliputi pengumpulan sampah elektronik, pengangkutan sampah elektronik, pemanfaatan sampah elektronik, sosialisasi dan edukasi, serta pemantauan dan evaluasi.

Sementara itu, Direktur Utama PT CAR, Irwan, memberikan apresiasi kepada Dinas LH DKI Jakarta atas kepercayaannya mengelola sampah elektronik warga Jakarta secara gratis. “Kami sudah berpengalaman di bidang ini dan memiliki perizinan yang lengkap, fasilitas canggih dan ramah lingkungan. Kami siap menjalankan tugas kami sesuai yang tertuang dalam perjanjian tersebut,” tandas Irwan. (joko)

Tinggalkan Balasan