Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Perhatian Pemkot Surabaya Masih Minim, Masyarakat Miskin Sulit Dapat Bea Siswa

JAKARTANEWS.ID -SURABAYA:Masalah pendidikan yang memadai khususnya bagi masyarakat ke bawah di kota Surabaya masih sulit didapat. Ini terbukti masih dikeluhkannya oleh masyarakat di daerah pinggiran dan penghasilan rendah untuk mendapatkan pendidikan yang bagus di kota pahlawan tersebut.

Menurut anggota DPRD Jawa Timur Lilik Hendarwati, saat turun ke bawah langsung mendapatkan keluhan dari masyarakat kalau kesulitan untuk mendapatkan pendidikan yang bagus.” Misalnya untuk mendapatkan bea siswa tidak pernah di fasilitasi oleh Pemkot Surabaya. Kalaupun ada porsinya sedikit sekali. Ini sangat meresahkan masyarakat dibawah terutama yang penghasilan rendah,”jelas politisi PKS ini, selasa 18 Juli 2023.

Lilik lalu mengatakan pihaknya berharap Pemkot Surabaya memperhatikan pendidikan bagi masyarakat dibawah khususnya bagi yang penghasilan rendah.” Saya dapat info untuk bea siswa diberikan untuk yang mampu. Sedangkan masyarakat yang tak mampu tak dapat. Saya berharap tidak ada tebang pilih untuk pendidikan karena negara menanggung semua pendidikan yang layak bagi semua warga negara,”jelasnya.

Pemerintah Kota Surabaya menjanjikan beasiswa bagi siswa SMA/SMK swasta. Utamanya bagi siswa asal Kota Surabaya yang tidak mampu membayar SPP.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, pemkot berencana memberikan subsidi kepada siswa SMA/SMK swasta. Kebijakan itu pun sudah disampaikan kepada Pemprov Jatim. Rencana itu telah mendapatkan lampu hijau. Namun, nominalnya masih dirapatkan.

Eri menuturkan, nilai standar besaran bantuan operasional siswa dan sekolah harus lebih dulu ditetapkan. Sebab, pihaknya tidak ingin bantuan tersebut salah sasaran.

”Kalau sudah ketemu, nanti saya tinggal ke gubernur untuk koordinasi. Targetnya, pada tahun ajaran baru ini siswa bisa mendapat bantuan tersebut,” terang Eri saat itu.(yudhie)

Tinggalkan Balasan