Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Stok Terdistribusi, Bapanas Cari Beras untuk Tiga Bulan ke Depan

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui penugasan kepada Perum Bulog telah menuntaskan penyaluran bantuan sembako beras untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Dengan selesainya penyaluran bantuan beras, saat ini kami sedang berupaya mengajukan perpanjangan masa penyaluran bantuan untuk tiga bulan ke depan,” kata Ketua Bapanas Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Selasa (18/7/2023).

Arief mengatakan perpanjangan masa bantuan diharapkan dapat memperkuat upaya pengendalian inflasi.

BPS mencatat inflasi nasional Juni 2023 secara tahunan sebesar 3,52 persen atau mengalami penurunan dibandingkan Mei 2023 yang berada pada posisi 4,00 persen dan lebih rendah dibandingkan inflasi Juni tahun sebelumnya sebesar 4,35 persen.

Arief mengatakan, proses penyaluran bantuan beras sembako tentunya mengalami berbagai tantangan di lapangan mulai dari validasi data kelompok penerima manfaat (KPM) hingga kondisi akses distribusi ke daerah-daerah terpencil terutama di provinsi baru seperti Papua Barat Daya, Papua Selatan, Pegunungan Papua, dan Papua Tengah.

Untuk itu, seiring dengan perkembangan sistem pemerintahan di daerah, Arief mendorong penguatan sistem logistik pangan yang dapat mendukung stabilitas pasokan pangan di daerah.

“Bantuan sembako beras berfungsi sebagai penyangga, sehingga keberadaannya sangat penting untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya 21,353 juta KPM yang masuk dalam program bantuan ini,” ujarnya.

Arief juga mengapresiasi Perum Bulog dan PT Pos Indonesia serta PT Jasa Prima Logistik (JPL), anak usaha Bulog dan PT DNR Logistic, yang menyalurkan bantuan sembako di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

“Terima kasih atas sinergi dan kerjasama yang telah dibangun selama ini khususnya Perum Bulog dan PT Pos Indonesia, DNR logistic, Pemda, satgas pangan dan stakeholder terkait lainnya, sehingga penyaluran bantuan beras sembako selama tiga tahun ini bulan telah berjalan dengan baik,” katanya. (YOK)

Tinggalkan Balasan