Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Rayakan Milad, Guspardi Dorong UIN Jakarta Terus Lakukan Inovasi dan Transformasi

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta lahir dari ikhtiar bersama yang dilakukan oleh para founding father, para tokoh dan cendekiawan Muslim.

Guspardi mengatakan, sejak bernama AIDA tahun 1957, IAIN tahun 1963 dan UIN tahun 2002, UIN terus melakukan transformasi dengan komitmen memajukan umat, bangsa, dan negara

“Tidak bisa disangkal lagi, perjalanan panjang UIN Jakarta telah melahirkan alumni sebagai tokoh bangsa, baik yang berkarir di pemerintahan (legislatif, eksekutif, dan yudikatif), dunia pendidikan, tokoh ormas Islam (NU, Muhammadiyah, MUI, dan ormas lainnya). Aktif di NGO, aktif di dunia usaha, mengabdi sebagai TNI/Polri, dan berkiprah hampir di seluruh sendi kehidupan bangsa,” ujar Guspardi kepada para wartawan, Senin (24/7/2023).

Sekalipun terus melakukan transformasi, lanjut Guspardi, UIN Jakarta tetap tidak boleh kehilangan peran strategisnya dalam semangat melakukan berbagai inovasi untuk mengintegrasikan keilmuan dan pembaharuan Islam dalam bingkai Ke-Indonesiaan.

Politisi PAN itu pun menggarisbawahi tema Harlah yang diangkat pada usia 66 tahun UIN Syarif Hidatullah, Jakarta yakni “66 Tahun Bertransformasi dan Berinovasi dalam Integrasi Sains-Keislaman dan Keindonesiaan” sungguh tepat.

“Tumbuh suburnya selaras dengan inisiasi transformasi IAIN menjadi UIN di tahun 2002. Selang 21 tahun, misi integrasi terus berjalan secara konsisten sampai sekarang,” tutur Guspardi.

Guspardi menilai, perkembangan zaman mutakhir soal Artifical Inteligence atau kecerdasan buatan sebagai akibat dari arus globalisasi, melahirkan ‘Revolusi Industri 4.0’, serta memunculkan trend masyarakat baru yakni ‘Society 5.0’.

”Perubahan ini mempunyai konsekuensi harus dilakukan redefinisi arti menjadi manusia dan peranannya,” imbuh Anggota Baleg DPR RI ini.

Pertanyaan besarnya, tutur Guspardi, apakah bangsa Indonesia hanya pasrah dengan membiarkannya terjadi begitu saja atau menyongsongnya dengan persiapan yang matang dan ikut serta mengarahkannya penuh kesadaran dengan komitmen yang serius.

Oleh karena itu, imbau Guspardi, UIN Syarif Hidatullah haruslah secara berkisambungan mengembangkan diri menjadi lembaga Pendidikan Tinggi Islam kelas dunia dengan reputasi global.

“Mengedepankan integrasi keilmuan dan keislaman sehingga mampu menjadi kiblat peradaban islam yang membanggakan,” terang Guspardi.

Legislator asal Dapil Sumbar 2 ini pun menghaturkan terima kasih kepada seluruh stakeholder UIN Jakarta atas segenap kontribusi nyatanya membesarkan nama UIN Jakarta, sekaligus membangun dan berkontribusi kepada umat, bangsa, dan negara.

“Selamat Milad ke-66 UIN Jakarta. Semoga UIN Jakarta terus maju dan sukses menjadi perguruan tinggi bereputasi global dan menjadi World Class University dan menjadi kebanggaan kita bersama,” pungkas Guspardi Gaus. (Daniel)

Tinggalkan Balasan