Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Selama Operasi Patuh Maung 2023, Polda Banten Tindak 9.745 Pelanggaran dan Tilang 2.669 

JAKARTANEWS.ID – SERANG : Polda Banten dan jajaran telah menindak 9.745 pelanggaran lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Patuh Maung 2023, yang digelar sejak tanggal 10 hingga 23 Juli 2023. Dari jumlah pelanggaran itu terdapat 2.669 pengendara diberikan sanksi tilang elektronik.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto mengatakan, sebanyak 2.669 pengendara yang ditilang kesalahannya tidak dapat ditolerir. Sedangkan, 7.076 pengendara diberikan sanksi berupa teguran.

Didik menjelaskan, sanksi tilang tersebut tidak dilakukan melalui tindakan petugas secara manual di lapangan. Akan tetapi, tilang terhadap pelanggar lalu lintas tersebut dilakukan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) statis dan ETLE mobile. “Untuk tilang manual tidak ada,” kata Didik, Selasa (25/7/2023).

Didik mengatakan, berdasarkan data rekapitulasi Operasi Patuh Maung 2023, jumlah pelanggaran lalu lintas yang disanksi melalui tilang mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun 2022, lanjut kabud humas, jumlah pelanggaran ETLE Statis sebanyak sebanyak 286 dan pelanggaran tilang manual sebanyak 58. Namun jumlah pelanggaran yang terjadi di wilayah hukum Polda Banten pada tahun 2023 sebanyak 9.745 mengalami kenaikan sebesar 14% dibandingkan tahun lalu sebanyak 8.527.

Sementara itu, Dirlantas Polda Banten,  Kombes Pol Firman Darmansyah mengungkapkan, dalam operasi tersebut terdapat tujuh macam sasaran operasi.

Pertama, tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia. Lalu, tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara yang melawan arus, menggunakan knalpot brong atau tidak standar, pengendara motor yang membonceng lebih dari satu orang.

“Berkendara dalam pengaruh alkohol dan menggunakan ponsel saat berkendara,” ujarnya. (Warto)

Tinggalkan Balasan