Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26
METRO  

Dirbinmas PMJ Laksanakan Giat Workshop Latihan Peningkatan Kemampuan dan Profesionalisme Bhabinkamtibmas

JAKARTANEWS.ID – BEKASI: Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya memimpin kegiatan Workshop Latihan Peningkatan Kemampuan dan Profesionalisme Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Metro Jaya di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemda Bekasi, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan Workshop menghadirkan dua narasumber, Ketua Bapas Kelas II Bekasi (Bapak Mali Jumali, BC.IP., S.H., M.M.) dan perwakilan dari Wahid Foundation (Ibu Visna Vulovik).

Dalam sambutannya, Direktur Binmas mengucapkan terimakasih kepada para Bhabin atas partisipasinya dalam mensukseskan Hut Polri di GBK, terima kasih kepada para narasumber yang telah memberikan pembekalan kepada para Bhabinkamtibmas, guna meningkatkan kemampuan dalam upaya pencegahan terhadap ekstremisme berbasis kekerasan yang menjurus kepada terorisme.

“Manfaat dari pelatihan ini diharapkan Bhabinkamtibmas dapat bersinergi dengan stakeholder, dalam hal ini petugas PK Bapas dalam melakukan kegiatan pencegahan eksimisme berbasis kekerasan yang menjurus kepada terorisme,” ujar Badya.

Pada kesempatan ini disampaikan juga kepada para bhabin, agar turut mendukung satgas TPPO Mabes Polri dengan melaksanakan kiat-kiat preventif mencegah TPPO di wilayahnya masing-masing.

“Giat preemtif yang dilakukan bukan hanya fokus pada ekstremisme dengan kekerasan saja, tapi juga kekerasan yang dilakukan oleh masyarakat di wilayahnya masing-masing seperti kasus-kasus tawuran yang mengakibatkan korban MD,” kata Badya.

Menginformasikan juga kepada para bhabin tentang rencana pelatihan bidang pertanahan, dan giat tatap muka dengan kapal dan Metro jaya menjelang pengamanan pemilu 2024.

Ketua Bapas Kelas II Bekasi dalam paparannya menjelaskan peran dan fungsi Bapas dalam sistem peradilan.

“Bapas dapat menjalankan fungsi cek dan balancing proses peradilan pidana, menentukan dan mengintegrasi program pelayanan pemasyarakatan, dan mengkoordinasi program pembimbingan masyarakat,” terangnya.

Kemudian melakukan pengawasan secara preemtif, preventif dan represif. Sinergitas petugas PK Bapas di lapangan dengan Bhabinkamtibmas dalam rangka melakukan kegiatan litmas dan pengawasan terhadap napiter.

Ibu Visna Vulovik dari Wahid Foundation menjelaskan Peran Bhabinkamtibmas dalam mencegah ekstrimisme, kekerasan yang mengarah pada terorisme.

“Ekstrimisme kekerasan dalam kacamata konflik; Komponen utama dalam analisa konflik terorisme; Mengenalkan ciri-ciri radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme,” paparnya.

Penanganan konflik pada ekstrimisme kekerasan dengan pendekatan soft aproach.

Selain dihadiri oleh Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya juga dihadiri oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas AKBP IGM Seli Pudja Wijaya, Mali Jumali (Bapas Kelas II Bekasi), Visna Vulovik (Perwakilan Wahid Foundation), Kompol Slamet Riyadi (Kasilatpuan Subdit Bhabinkamtibmas), Iptu Mutiara Harahap (Paur Silatpuan Subdit Bhabinkamtibmas), Aipda Nurwan, Brigpol Slamet Riyadi, Briptu Ajeng, Wakapolrestro Bekasi AKBP Sumarni, Para Kasat Binmas Jajaran Polda Metro Jaya.

Para Kanit Bhabinkamtibmas Polres Jajaran Polda Metro Jaya dan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Metro Jaya sebanyak 325 orang. (Amin)

Tinggalkan Balasan