Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Jamiluddin Ritonga Nilai Susi Pudjiastuti Bukan Sosok Tepat Dampingi Anies sebagai Cawapres

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Muncul wacana menduetkan Anies Baswedan dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Pilpres 2024 mendatang.

Wacana itu mengemuka setelah Anies menemui Susi di kediamannya di Pangandaran. Namun wacana itu kurang berdasar karena Susi menyatakan tidak ada pembicaraan cawapres dalam pertemuannya dengan Anies.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada para awak media, Rabu (26/7/2023).

Karena itu, menurut Jamiluddin, peluang menduetkan Anies-Susi tampaknya sangat kecil. “Sebab, Susi bukan sosok yang dapat membantu Anies untuk menambah pundi-pundi suara,” jelas Dosen Pasca Sarjana Fikom Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Jamiluddin, Anies sebenarnya membutuhkan sosok yang membantunya perolehan suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Di dua provinsi ini dukungan terhadap Anies relatif rendah. Anies kalah jauh dibandingkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto,” beber Jamiluddin.

Jadi, lanjut Jamiluddin, menduetkan Anies-Susi tidak mengatasi persoalan yang dihadapi Anies di dua provinsi itu.

“Susi bukan solusinya, karena elektabilitasnya hingga saat ini tidak muncul dari hasil beberapa lembaga survei,” ulas Dekan Fikom IISIP, Jakarta 1996-1999 ini.

Karena itu, Jamiluddin meyakini, kunjungan Anies ke Susi tampaknya memang bukan membicarakan cawapres.

“Anies kemungkinan ingin mengajak Susi ke dalam timnya untuk mengarungi Pilpres 2024,” imbuh Jamiluddin.

Kehadiran Susi dalam timnya, tambah mantan Sekjen Media Watch ini, diperlukan untuk menyakinkan, orang-orang sekitar Anies sosok yang bersih dan berani.

“Tim seperti itu diperlukan untuk mewujudkan perubahan. Karena sulit diharapkan melakukan perubahan kalau di sekitar Anies tidak bersih dan berani,” pungkas Jamiluddin Ritonga. (Daniel)

Tinggalkan Balasan