Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26
METRO  

Bisa Didapat di Kantor Cabang, JakCard Bank DKI Kini Bisa Buat Bayar Tiket Perjalanan KRL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kabar gembira bagi masyarakat khususnya pemegang JakCard Bank DKI kini kartu tersebut bisa dipakai buat bayar ongkos naik Kereta Listrik Rel (KRL). Perluasan penggunaan kartu elektronik itu merupakan hasil kolaborasi antara Bank DKI dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) demi meningkatkan pelayanan inklusi keuangan digital.

Melalui kolaborasi dua instansi tersebut kini pengguna moda angkutan massal kian memudahkan untuk memperoleh tiket perjalanan dengan diluncurkannya JakCard untuk tiket KRL. Peluncuran JakCard sebagai tiket KRL dilakukan pada acara lunching Implementasi Penggunaan JakCard pada Kereta Commuter Line yang digelar di Stasiun KAI Commuter Juanda, Jakarta Pusat.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono menyatakan bahwa terobosan ini menjadi momentum penting dalam upaya perluasan akseptasi JakCard bagi masyarakat, khususnya para pengguna KRL. “Bank DKI menghadirkan kemudahan dalam ekosistem transaksi non-tunai melalui implementasi ini yang sejalan dengan dukungan Bank DKI dalam mewujudkan integrasi pembayaran transportasi umum di DKI Jakarta,” Amirul Wicaksono kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan JakCard, dapat membelinya di Kantor Cabang Bank DKI, berbagai museum, dan tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta. “Ke depannya, JakCard akan tersedia lebih luas lagi di toko ritel maupun merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI. Selain itu, pengguna JakCard dapat melakukan pengisian ulang (top up) menggunakan ponsel berfitur NFC melalui aplikasi JakOne Mobile atau melalui aplikasi Tokopedia,” jelas Amirul.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCI Broer Rizal, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan bersama Bank DKI. “Kerjasama ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih banyak beralih ke transportasi umum, khususnya Commuter Line Jabodetabek. Dengan adanya Implementasi JakCard Bank DKI, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan pilihan dalam transaksi pembayaran tiket bagi para pengguna KRL,” paparnya.

Menurutnya volume pengguna Commuter Line Jabodetabek dari 1 Juli 2023 hingga 25 Juli mencapai sebanyak 19.370.263 orang. sedangkan rata-rata pengguna di hari kerja sebanyak 857.968 orang per hari dan rata-rata pada hari libur dan akhir pekan sebanyak 626.974 orang per hari, dengan pengguna terbanyak pada Senin 3 Juli lalu yaitu sebanyak 912.923 orang. Sedangkan jumlah transaksi pembayaran tiket Commuter Line Jabodetabek dengan menggunakan kartu tap (Kartu Multi Trip dan Uang Elektronik Bank) sebanyak 95% dari total transaksi. Sedangkan transaksi menggunakan QR Code sebanyak 5%.

“Kami menyambut baik kerjasama ini dengan harapan dapat mendukung pencapaian target pengguna harian Commuter Line Jabodetabek hingga 2 juta orang perhari,” harap Broer.

Sementara itu, Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy menyampaikan pihaknya optimis penggunaan JakCard sebagai tiket perjalanan KRL makin meningkat.

“Pertumbuhan penggunaan JakCard terus mencatat angka yang menggembirakan. Pada Juni 2022, tercatat sebanyak 2,5 juta transaksi, dan per Juni 2023, total transaksi penggunaan JakCard mencapai 5,1 juta transaksi atau mengalami pertumbuhan sebesar 104,86% secara Year on Year (YoY),” tandas Fidri.

Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard. Kini, JakCard juga telah bisa digunakan untuk berbagai tiket masuk, seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional, Taman Impian Jaya Ancol, dan berbagai museum kelolaan Pemprov DKI Jakarta. JakCard juga dapat digunakan di sejumlah ruas tol, termasuk Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota, hingga tol Bali-Mandara. Untuk kebutuhan tiket transportasi, JakCard dapat digunakan untuk tiket Transjakarta, Mikrotrans, MRT, LRT Jakarta, serta LRT Jabodebek,” imbuhnya. (Joko)

Tinggalkan Balasan