Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26
GLOBAL  

AS sebut Rusia ke Korut Cari Pasokan Senjata

JAKARTANEWS.ID – PYONGYANG: Amerika Serikat menyebut kedatangan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu ke Korea Utara adalah dalam rangka mencari pasokan senjata.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken  mengatakan Shoigu datang ke Korut untuk mengamankan pasokan senjata, demi mendukung invasi Ukraina yang terhenti.

“Saya sangat ragu dia ada di sana untuk berlibur,” kata Blinken seperti dikutip AFP.

Blinken menyebut AS selama ini melihat Rusia mati-matian mencari dukungan senjata di mana pun, demi melanjutkan agresinya terhadap Ukraina.

“Kami melihat bahwa di Korea Utara, kami juga melihat di Iran, yang telah menyediakan banyak drone ke Rusia, digunakan untuk menghancurkan infrastruktur sipil dan membunuh warga sipil di Ukraina,” ujar Blinken.

Kedatangan Shoigu di ibu kota Pyongyang, disebut untuk menghadiri perayaan 70 tahun Perang Korea, pada Kamis (26/7/2023). Rusia adalah satu dari segelintir negara yang punya hubungan persahabatan dengan Korut.

Dilaporkan pertemuan tersebut berlangsung “ramah”. Shoigu pun menyampaikan surat bertanda tangan Presiden Rusia Vladimir Putin buat Kim.

Menurut laporan kantor berita KCNA, Kim memamerkan senjata dan peralatan militer tipe terbaru pada Shoigu di pameran persenjataan. Senjata dan peralatan militer diproduksi di bawah rencana pertahanan nasional Korut.

Kim dalam kesempatan itu menyebut berulang kali bahwa Rusia bakal mencapai kesuksesan besar. (Amin)

Tinggalkan Balasan