Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26
METRO  

BPJS Ketenagakerjaan Fungsikan Wadah Perusahaan untuk Lindungi Mahasiswa Magang

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grha BPJamsostek mengundang seluruh mitra kantor wadah perusahaan untuk sosialisasi perkembangan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Dalam sosialisasi kali ini lebih fokus dalam optimalisasi perlindungan Jamsostek untuk mahasiswa magang.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grha BPJamsostek Andry Rubiantara, mengatakan kedudukan mahasiswa magang dianggap sebagai pekerja. Untuk itu mahasiswa magang juga berhak sekaligus wajib mendapatkan perlindungan program Jamsostek.

“Pemerintah melalui peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 5 Tahun 2021 menyatakan mahasiswa dan pelajar magang untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan kecelakaan kerja dan kematian,” ujar Andry.

Maka dari itu Andry mengatakan pihaknya meminta kepada para mitra seluruh wadah perusahaan yang sudah terbentuk selama ini agar memastikan seluruh mahasiswa yang magang di perusahaan masing-masing terdaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

”Jika belum terdaftar, maka menjadi tugas mitra kami yaitu para wadah di perusahaan itu untuk mendaftarkannya,” ungkap Andry.

Menurut Andry, mahasiswa magang akan didaftarkan sebagai peserta kategori pekerja bukan upah (BPU) dalam dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

”Iuran untuk kelompok BPU ini tidak memberatkan kantong mahasiswa, karena untuk satu bulan hanya Rp16.800 saja,” ungkap Andry.

Menurut Andry dalam pertemuan tersebut juga ada sejumlah perwakilan mitra wadah dari perusahaan perbankan yang bertugas untuk menyalurkan dana program KUR (Kredit Usaha Rakyat).

”Untuk mitra wadah kami di perbankan ini kami meminta untuk mendaftar seluruh nasabah KUR mereka menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Andry.

Di lain sisi, Andry mengapresiasi para mitra wadah perusahaan yang kontribusinya begitu besar terhadap perkembangan program Jamsostek.

”Dengan peran mitra wadah di setiap perusahaan ini sangat mendukung terhadap perluasan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di lingkungan kerja masing-masing serta mendukung tertib pembayaran iuran,” sebut Andry.

Kegiatan yang berlangsung di Habitate, Jakarta Selatan tersebut banyak dihadiri perwakilan mitra wadah dari perusahaan-perusahaan besar. (Dani)

Tinggalkan Balasan