Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Sita Eksekusi Aset Bentjok: Penjabaran Komitmen Kejagung Miskinkan Koruptor

42 Bidang Tanah Seluas 126.615 M2

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kejar pembayaran uang pengganti Rp6, 078 triliun, Kejaksaan Agung melakukan sita eksekusi aset milik terpidana Skandal Jiwasraya Benny Tjokrosaputro alias Bentjok.

Kali ini, berupa 42 bidang tanah dan bangunan seluas 126. 615 M2 milik Bentjok di Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Perburuan aset milik atau terafiliasi dengan Bentjok ini bagian dari komitmen Jampidsus Dr. Febrie Adriansyah untuk miskinkan koruptor yang disampaikan dalam setiap kesempatan.

Pemiskinan itu, mulai perburuan aset hingga penggunaan instrumen kerugian perekonomian negara dan menjadikan korporasi sebagai tersangka.

Aset tanah dan atau bangunan itu hasil penelusuran aset oleh Tim Pengendali Eksekusi pada Direktorat Upaya Hukum Luar Biasa Eksekusi dan Eksaminasi (UHLBEE) sejak tanggal 29 Mei-31 Mei.

“Kami bangga atas kinerja Jampidsus dan Jajarannya dalam penuntasan perkara Jiwasraya,” kata Ketua Tim Advokasi Patriot Indonesia (TAPI) Iqbal D. Hutapea, Sabtu (29/7/2023) malam.

Iqbal menjelaskan langkah tersebut juga sekaligus warning bagi koruptor lain atau calon koruptor bahwa komitmen Kejagung miskinkan koruptor bukan Jargon.

“Kami dukung penuh langkah Kejagung tersebut,” akhirinya.

PELELANGAN

Kapuspenkum Dr. Ketut Sumedana mengatakan terhadap aset-aset dalam status sita eksekusi itu akan dilelang guna pembayaran uang pengganti Bentjok, pada Jumat (28/7/2023).

“Terhadap aset tersebut akan dilelang guna pembayaran uang pengganti sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) sebesar Rp6, 78 triliun.”

Sementara ini, terhadap aset yang disita pada Kamis (27/7) tersebut dititipkan kepada Kades dan Camat di lokasi aset berada dan dipasang plang sita eksekusi di tiap lokasi.

Sesuai putusan Putusan MA Nomor: 2937 K/PID.SUS/2021 Tanggal 24 Agustus 2021 selain Bentjok dihukum seumur hidup juga diwajibkan membayar uang pengganti Rp6, 078 triliun.

Aset milik Bentjok yang dilakukan sita eksekusi, terdiri 5 bidang tanah dan 2 ruko seluas 43.216 M2 di Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Lalu, 35 bidang tanah dan bangunan seluas 83.399 M2 di Desa Gedangan, Desa Telukan, Desa Kwarasan dan Desa Madegondo, Kecamatan Grogol.

“Total keseluruhan bidang tanah dan atau bangunan yang disita, yaitu 42 bidang seluas 126. 615 M2, ” pungkas Ketut. (Ahi)

Tinggalkan Balasan