Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Anggota DPR RI Charles Honoris Turut Sosialisasikan Program Jamsostek di Dapilnya

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris turut bersosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) di Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Dia berharap agar seluruh masyarakat pekerja terutama di dapilnya yaitu Dapil III terlindungi program Jamsostek.

Charles mengatakan selaku anggota Dewan dirinya memiliki tanggung jawab normatif untuk menyejahterakan masyarakat terutama di dapilnya. Salah satunya adalah menjadikan seluruh masyarakat pekerja di dapilnya itu terlindungi program Jamsostek.

Charles sendiri mengaku beberapa kali menjadi saksi mata dari sejumlah penyerahan manfaat besar program Jamsostek.

”Program BPJS Ketenagakerjaan ini sungguh luar biasa, ternyata negara kita sudah segitu jauhnya memperhatikan kesejahteraan warganya melalui program BPJS Ketenagakerjaan ini,” cetus Charles.

Untuk itu dirinya bertekad terus memberikan dukungan baik secara politis maupun melalui jaringan yang dimilikinya untuk terus menyukseskan program BPJS Ketenagakerjaan.

”Terus terang program ini masih belum banyak yang tahu. Untuk itu kita upayakan terus sosialisasi agar program ini dipahami segenap stake holder dan pada akhirnya dapat dimiliki oleh seluruh tenaga kerja,” ujar Charles.

Sementara itu Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Grha BPJamsostek Andry Rubiantara, mengatakan BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan lima program. Yaitu, program Jaminan Hari Tua (JHT), Progam Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Menurut Andry, semua pekerja di Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Baik mereka yang bekerja di sektor formal maupun informal.

”Sementara, untuk yang bekerja di sektor informal atau istilah kami pekerja bukan penerima upah bisa mendaftar peserta BPJS ketenagakerjaan dengan membayar sendiri uang kepesertaan,” ungkap Andry.

Setidaknya pekerja BPU ini terlindungi dua program yaitu JKK dan JKM iurannya Rp16.800 setiap bulan per orang.

”Kami juga mengimbau kepada donatur baik instansi, lembaga, perusahaan, maupun perorangan untuk dapat mendonasikan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja rentan setidaknya untuk memiliki dua program perlindungan JKK dan JKM, atau ditambah JHT. Kami terus upayakan hal dengan program bernama GN Lingkaran atau program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan,” sebut Andry. (Dani)

Tinggalkan Balasan