Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26
GLOBAL  

Operasi Militer Khusus, Rusia Tembak 3 Drone Ukraina

JAKARTANEWS.ID – MOSKOW: Kementerian Pertahanan Rusia  mengatakan telah menembak jatuh tiga drone Ukraina yang berusaha menyerang Moskow, pada Minggu (30/7/2023). Tidak ada yang terluka dan hanya ada sedikit kerusakan pada fasad dua gedung perkantoran di kawasan bisnis Moskva-Citi, kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin.

Kawasan yang berada beberapa kilometer dari Kremlin itu dikenal dengan menara-menara tinggi modernnya. Salah satu bangunan yang rusak adalah rumah bagi tiga kementerian pemerintah Rusia serta apartemen-apartemen tempat tinggal, lapor media Rusia.

Fakta bahwa pesawat tak berawak yang bermusuhan telah mulai mencapai jantung ibu kota Rusia dalam beberapa bulan terakhir, bahkan jika mereka tidak menimbulkan kerusakan serius, tidak nyaman bagi pihak berwenang yang telah mengatakan kepada publik bahwa Rusia memegang kendali penuh atas apa yang mereka sebut “operasi militer khusus” melawan Ukraina.

Insiden itu mengikuti apa yang dikatakan Rusia sebagai upaya serupa yang dilakukan Ukraina untuk menyerang Moskow dengan dua pesawat tak berawak, Senin (24/7/2023) lalu. Kala itu salah satu drone dijatuhkan di dekat markas besar kementerian pertahanan.

Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov mengatakan setelah percobaan serangan Senin bahwa akan ada lebih banyak serangan drone. Tidak ada reaksi langsung dari Kyiv terhadap insiden terbaru tersebut.

“Tidak ada korban jiwa atau luka-luka,” kata walikota Sobyanin dalam pernyataan singkat terkait insiden tersebut, sebagaimana dilansir Reuters.

Penerbangan ke dan dari bandara Vnukovo Moskow dihentikan sementara karena insiden itu, lapor kantor berita TASS.

Kementerian Pertahanan mengatakan dua drone jatuh di distrik Moskva-Citi setelah dijatuhkan menggunakan peralatan radio-elektronik. Pertahanan udara telah menembak jatuh satu lagi di udara di atas wilayah Odintsovo di wilayah Moskow, katanya.

“Pada pagi hari tanggal 30 Juli, upaya serangan teroris oleh rezim Kyiv menggunakan kendaraan udara tak berawak terhadap sasaran di kota Moskow berhasil digagalkan,” kata kementerian tersebut dalam pernyataannya.

Secara terpisah, dikatakan juga telah berhasil menggagalkan serangan semalam di semenanjung Laut Hitam Krimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014, oleh 25 drone Ukraina yang dikatakan telah ditembak jatuh atau dipaksa jatuh. Tidak ada yang terluka dan tidak ada kerusakan yang terjadi dalam episode Krimea, katanya.

Seorang wanita muda yang menyebut namanya hanya sebagai Liya menggambarkan insiden Moskow.

“Teman-teman saya dan saya menyewa sebuah apartemen untuk datang ke sini dan bersantai, dan pada suatu saat, kami mendengar ledakan dan itu seperti ombak, semua orang melompat,” katanya kepada Reuters.

“Kemudian ada banyak asap dan Anda tidak bisa melihat apa-apa. Dari atas, Anda bisa melihat api.”

Beberapa panel kaca di salah satu gedung tinggi hancur dan kaca serta puing-puing berserakan di sebagian trotoar di bawahnya, menurut seorang reporter Reuters di tempat kejadian, yang telah ditutup oleh polisi dan layanan darurat.

Dua drone mencapai Kremlin pada Mei dalam insiden paling terkenal dari jenisnya. (Amin)

Tinggalkan Balasan