Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Puteri Komarudin Harap Diskusi AIPA Dapat Temukan Solusi Mengenai Keterwakilan Perempuan

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Pastinya kita patut berbangga karena Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan internasional. Seperti sebelumnya kita dipercaya menjadi tuan rumah G20 di Tahun 2022 dan juga ASEAN Charmant Shield di tahun 2023 ini.

Jadi ini menunjukkan Indonesia merupakan negara yang terdepan di ASEAN dan juga di Asia Pasifik dalam menjaga kestabilan, kedamaian dan juga tentunya keberlanjutan pembangunan.

Delegasi perempuan sangat penting untuk menyuarakan isu-isu yang responsif gender pada sidang-sidang AIPA, seperti yang telah kita lakukan pada saat pertemuan dalam Pra AIPA yaitu Komite Perempuan AIPA yang telah kita selenggarakan di Padang pada bulan Juli lalu dan pada saat sidang AIPA nanti tentunya delegasi perempuan akan banyak menyuarakan terkait dengan bagaimana kita membuat iklim politik ataupun parlemen lebih inklusif gender dan mempunyai undang-undang yang lebih responsif gender, kebijakan anggaran yang responden dan juga mempromosikan pengusaha perempuan dan bagaimana kebijakan yang kita buat ini bisa benar-benar menyejahterakan perempuan di negara kita masing-masing.

Demikian disampaikan Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Puteri Anetta Komarudin saat menjadi narasumber virtual Diskusi Dialektika Demokrasi bertema Kuota Keterwakilan Perempuan dalam Politik di Kawasan yang berlangsung di Ruang Diskusi Media Center, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Putri berharap, Delegasi Perempuan AIPA ini bisa sama-sama aktif mendorong apa yang penting di negaranya, sehingga dapat menjadi sesuatu yang positif untuk negara-negara Eropa lainnya.

“Tentu saja kalau menilik lagi keterwakilan perempuan di parlemen Indonesia atau di DPR, kita masih ada di kisaran 20% dan itu tentu masih jauh dari harapan, yang kita ingin benar-benar memenuhi undang-undang afirmasi untuk keperluan perempuan yaitu 30%,” ujar Politisi Partai Golkar ini.

Puteri juga berharap dalam diskusi di bidang AIPA ini akan dapat benar-benar menemukan solusi yang konkret untuk keterwakilan perempuan, termasuk yang bisa menyelesaikan masalah terkait dengan berbagai kekurangan dalam misalnya sosial finance capital yang selama ini seringkali dihadapi oleh perempuan.

“Tentunya kita sangat berharap dari sidang AIPA ini kita bisa menghasilkan suatu kesepakatan yang nantinya bisa menyelesaikan seluruh permasalahan yang masih ada di negara-negara ASEAN, terutama permasalahan pasca pandemi dan bagaimana kita bisa terus mendorong keberlanjutan pembangunan yang inklusif dan juga adil dan merata untuk semua pihak,” harap Legislator asal Dapil Jabar 7 ini.

“Jadi tentu harapannya kami di DPR RI sangat menginginkan adanya support dan dukungan dari masyarakat Indonesia untuk kelangsungan dan juga kesuksesan dari sidang AIPA ini sehingga kita bisa mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari sidang AIPA,” tutup Puteri Anetta Komarudin. (Daniel)

Tinggalkan Balasan