Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Soal Aliran Dana Ricky Ham Pagawak, Hinca: Uang Duka Ibu Saya dan Sudah Dikembalikan

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota F-Demokrat DPR RI Hinca Panjaitan mengklarifikasi ihwal aliran uang dari mantan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Dana sebesar Rp50 juta itu merupakan uang duka atas meninggalnya sang Ibu Hinca dari Ricky.

Hinca juga mengaku tidak pernah mengetahui uang yang dikirimkan ke rekeningnya bagian dari hasil praktik rasuah Ricky. Asal muasal uang itu terungkap usai Hinca diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Setelah penyidik KPK memberitahukan ada aliran dana sebesar Rp50 juta ke rekening saya saat saya diperiksa sebagai saksi, lalu saya cek tanggalnya, baru saya paham kalau dana itu adalah uang kedukaan atas meninggalnya Ibu saya,” kata Hinca kepada para wartawan, Jumat (4/8/2023).

Hinca menjelaskan pemberian uang itu dilakukan Ricky pada Februari 2020. Waktu pemberian uang itu bahkan jauh sebelum Ricky terlibat proses hukum di KPK.

“RHP mengunjungi saya di kampung halaman saya menyampaikan empati turut berduka atas meninggalnya Ibu saya. Tentu saya harus menghormatinya,” ujar Anggota Komisi III DPR RI ini.

Hinca memastikan pemberian uang itu sudah dijelaskan utuh kepada penyidik KPK. Hinca bahkan telah mengembalikan uang tersebut ke KPK.

“Dan karena ternyata kemudian diketahui menjadi bermasalah hukum, tentu saya kembalikan dana itu ke negara. Dan sudah diterima penyidik KPK. Sama sekali saya tidak tahu sebelumnya kalau sumber dana itu bermasalah pada masa itu,” ungkap Legislator asal Sumatera Utara ini.

“Demikian penjelasan saya dan klarifikasi dari saya agar duduk kasusnya terang dan tidak bias. Ini murni soal kekerabatan sesama umat manusia yang bersosial, dan saling berempati saat mengalami kedukaan,” tuntas Hinca Panjaitan.

Sebelumnya, jaksa KPK mengungkapkan sejumlah aliran uang tindak pidana pencucian uang (TPPU) Ricky Ham Pagawak. Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Makassar itu, jaksa menyebut salah satu kucuran aliran dana haram Ricky masuk ke rekening Hinca. Total uang yang diterima Hinca sebanyak Rp50 juta. (Daniel)

Tinggalkan Balasan