Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26
METRO  

Serempak Para Kasudin, Kadis Dukcapil DKI Budi Terjun Langsung ke Kelurahan Layani Warga

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Untuk memastikan pelayanan yang baik, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin terjun lapangan melayani masyarakat di sejumlah kantor kelurahan secara bergilir. Budi langsung memberikan arahan kepada petugas dalam melayani masyarakat dalam segala pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk).

“Untuk memberikan arahan kepada petugas di kelurahan, saya bersama para Kasudin Dukcapil, turun langsung ke sejumlah kelurahan. Kegiatan ini untuk memberikan motivasi sekaligus evaluasi,” kata Budi di kantor Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023).

Adapun para Kasudin juga datang ke kelurahan di wilayah masing-masing.

Budi menegaskan bahwa jajarannya dari tingkat Dinas hingga Suku Dinas (Sudin) secara serempak turun ke kantor-kantor layanan Dukcapil tingkat kelurahan agar dapat merasakan atmosfir pelayanan sesungguhnya serta memberikan motivasi kepada petugas tingkat kelurahan.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka mempertahankan predikat terbaik yang selama ini terjaga,” kata Budi sambil sesekali berdialog dengan masyarakat yang tengah mengurus KTP, buku KK, atau lainnya.

Pada kesempatan tersebut Budi juga memberikan apresiasi tinggi kepada masyarakat yang telah mengurus administrasi kependudukan secara mandiri tanpa melalui calo.

“Lebih baik mengurus sendiri. Masyarakat tidak perlu khawatir dipersulit oknum petugas. Jika ada oknum yang mempersulit, silakan laporkan, akan kami tindak. Masyarakat pemohon akan cepat dilayani asalkan persyaratan lengkap,” tegas Budi.

Budi menambahkan, dia bersama para Kasudin akan rutin memantau ke sejumlah kelurahan.

“Dukcapil kali ini malakukan pendekatan top-down untuk menghilangkan kebingungan, mengurangi risiko, dan menjaga inisiatif tetap tertata pada tim dalam rangka pelayanan prima tanpa mengurangi aspirasi yang disuarakan pada level layanan paling bawah yang langsung bersentuhan kepada masyarakat tambahnya,” tandas Budi.

Pemprov DKI Jakarta mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan dan memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi warga Jakarta.

“Ke depan Jakarta menjadi global city, sehingga perlu ada penataan perkotaan yang modern pada berbagai lini sektor termasuk layanan ekselen, salah satunya di bidang kependudukan, agar dapat menjadi barometer layanan yang baik,” paparnya.

“Program ini juga bertujuan mendukung ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia’ dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Budi.

Sejumlah warga yang datang di Kelurahan Menteng Atas, tampak senang dan nyaman karena mengetahui mendapatkan pelayanan langsung dari Kadis Dukcapil. Untarto, warga RW 05 yang sedang mengurus anak pindah alamat merasa dilayani dengan baik dan ramah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kadis Dukcapil yang menyempatkan diri melayani masyarakat secara langsung. Jika hal ini sering dilakukan, maka pelayanan Adminduk di Jakarta akan selalu berjalan profesional,” kata Untarto. (Joko)

Tinggalkan Balasan