Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

BPJS Ketenagakerjaan Pluit Bantu Ringankan Korban Kebakaran Kapuk Muara

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Pluit memberikan bantuan kepada korban musibah kebakaran di RT 001 RW 003, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.
”Bantuan berupa pakaian dalam untuk anak-anak dan wanita kami serahkan melalui Ketua RT 001 RW 003 Kapuk Muara,” ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Tetty Widayantie. Menurut Tetty, kebakaran tersebut terjadi pada 30 Juli 2023 pukul 09.00 WIB yang menghanguskan 400 bangunan.

Akibatnya, sekitar seribu penghuni yang rumahnya terbakar mengungsi di tempat-tempat pengungsian. ”Penyerahan bantuan ini merupakan wujud perhatian kami kepada para korban kebakaran di wilayah Kelurahan Kapuk Muara,” kata Tetty.
Menurut Tetty, bantuan dari Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit itu setidaknya dapat meringankan beban penderitaan para korban kebakaran. Selain itu kegiatan tersebut sebagai wujud kehadiran negara melalui BPJS Ketenagakerjaan di tengah masyarakat maupun tenaga kerja yang mengalami musibah.
Di lain sisi Tetty mengingatkan para pekerja khususnya di sektor informal untuk menjadi peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Tujuannya sebagai upaya proteksi diri dari dampak risiko pekerjaan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. ”Karena di perkampungan padat seperti Kelurahan Kapuk Muara banyak juga pelaku-pelaku UMKM yang berdagang atau pun berkegiatan ekonomi di rumah-rumah mereka,” ujar Tetty.
Menurut Tetty, setidaknya para pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah (BPU) tersebut terlindungi oleh dua program dasar yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). ”Untuk peserta BPU dua program iurannya sangat terjangkau yaitu hanya Rp16.800 per bulan,” ungkap Tetty.
Sebagai gambaran jika mengalami musibah kecelakaan kerja, peserta mendapatkan manfaat perlindungan JKK. ”Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan akan menanggung seluruh kebutuhan medis pemulihan peserta yang kecelakaan kerja sampai sembuh berapa pun biaya yang dibutuhkan,” tegas Tetty. (Dani)

Tinggalkan Balasan