Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kembali Dirut JSMR Dicecar Skandal Tol MBZ, Keterkaitan JSMR Makin Terang?

PT. Citra Angkasa Persada

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Dirut PT. Jasa Marga (JSMR) kembali digarap guna menemukan tersangka Skandal Tol Japek (Jakarta-Cikampek II alias Tol MBZ.

Kali ini, giliran Dirut JSMR AW diduga Adityawarman yang menjabat periode 2012 – 2016 diperiksa di Gedung Bundar, Kejaksaan Agung, Kamis (10/8).

Sehari sebelumnya, Dirut JSMR Desy Arryani yang menjabat periode 2016- 2020 yang diperiksa.

Ada apa gerangan Pimpinan JSMR diperiksa dua hari berturut-turut ?

Kendati demikian, seperti halnya Desy, usai pemeriksaan Adityawarman belum ada seorang pun dicegah bepergian ke luar negeri.

Kapuspenkum Dr. Ketut Sumedana tidak menyebutkan alasan diperiksanya AW dalam perkara pekerjaan pembangunan Jalan Tol Japek II Elevated Ruas Cikunir-Karawang Barat termasuk on/off ramp pada Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat.

“Pemeriksaan dilakukan bagian dari upaya tim penyidik guna membuat terang pidana (untuk menemukan tersangka, Red),” katanya diplomatis.

Jasa Marga adalah induk PT. JJC (Jasamarga Jalanlayang Cikampek) yang mengelola Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ). Juni 2022, 40 persen saham JJC diakuisisi PT. Marga Utama Nusantara.

Dengan selesainya pemeriksaan AW makin menambah deretan Direksi JSMR yang diperiksa, mulai Direktur Operasional Periode 2016 – 2020 Subakti Syukur, Senin (24/7).

Lalu, Selasa (18/7) Eks. Direktur Pengembangan Usaha Arsal Ismail. Donny Arsal (Direktur Keuangan dan Manajemen) terhitung sejak 2017 yang juga Komut PT. Jasamarga Bali Tol sejak tahun 2020.

Selain itu, Vera Kirana selaku Mantan Dirut PT. JJC dan Dirut PT. JJC Djoko Dwijono pada Selasa (6/6).

Pihak terkait diantaranya, Dirut PT. Virama Karya (Konsultan) Jusarwanto bahkan telah diperiksa dua kali pada Selasa (30/5) dan Selasa (4/4).

CITRA ANGKASA PERSADA

Secara terpisah, Kejagung memeriksa Dirut PT. Citra Angkasa Persada (CAP) S diduga Suharno.

“Seperti halnya AW, S juga diperiksa guna membuat terang tindak pidana yang terjadi, ” jelas Ketut.

Dari berbagai informasi, perusahaan ini adalah subkontraktor yang mengerjakan pemasangan tiang Jalan Tol MBZ sepanjang 38 Km.

Belum diketahui, S harus datang ke Gedung Bundar untuk diperiksa dalam Skandal Tol Japek II.

Di tengah aroma dugaan Mark Up dan Lelang syarat KKN, PT. CAP
sukses memasang tiang pancang dengan teknologi Sosrobahu karya Tjokorda Raka Sukawati.

“Kami apresiasi kinerja Kejagung yang memeriksa semua pihak terkait. Tentu, dengan harapan segera diungkap praktik yang terjadi,” komentari Ketua Tim Advokasi Patriot Indonesia Iqbal Daud Hutapea secara terpisah.

“Bila kemudian, perkara ini diikuti penetapan tersangka, maka ini menjadi skandal besar. Sebab peresmian Tol Japek II diresmikan Presiden pada Kamis (11/12/2019), ” akhiri Iqbal. (ahi)

Tinggalkan Balasan