Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Polda Banten Laksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Antisipas Fenomena El Nino dan Karhutla

JAKARTANEWS.ID – SERANG: Polda Banten Laksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Antisipas Fenomena El Nino serta Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Alun-alun Kota Serang pukul 08.00 WIB pada Kamis (10/08)

Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr Rudy Heriyanto selaku pimpinan apel didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif dan di hadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Banten, Danrem 064/MY diwakili Kasrem Kolonel Inf Nurkhan, Kepala BPBD Provinsi Banten Nana Suryana, Kepala Damkar Provinsi Banten, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Perindag, Dinas Kesehatan, Bulog, Balai besar wilayah sungai Cidanau, Ciujung dan Cidurian, Kejati, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Dinaa Taruna Siaga berencana, dan BMKG Provinsi Banten, perwakilan Forkopimda Provinsi Banten, serta Kapolres dan Kapolresta Jajaran.

Apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi fenomena dampak El-nino ini juga diikuti oleh 1.650 personel Polda Banten dan Polres jajaran.

Dalam arahanya Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto menjelaskan beberapa langkah-langkah dalam menghadapi ancaman dampak fenomena El Nino Tersebut.

“Dalam menghadapi ancaman tersebut yang pertama kita harus mengidentifikasi dan mapping wilayah yang terdampak kekeringan, kedua memastikan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pangan oleh Satwil, Bhabinkamtibmas dan Satgas pangan bersama Pemda serta Stakeholder terkait, ketiga lakukan pengecekan dan penanggulangan Kahuta, empat lakukan mitigasi dampak El Nino, kita semua dapat merancang program adaktif dan mitigasi khusus dampak El Nino, program ini dapat mencakup bimbingan teknis, pendampingan bagi masyarakat, lakukan pengecekan saluran irigasi, waduk dan juga sumber mata air untuk memastikan agar kebutuhan air dan perairan kelahan pertanian tercukupi,” jelas Kapolda kepada peserta apel.

Kemudian Rudy mengatakan Polda Banten akan mendistribusikan 1.000 tanki air keseluruh wilayah hukum Polda Banten.

“Pendistribusian perdana telah kami serahkan ke warga di Kecamatan Warunggunung dan Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak,” ucap Rudy.

Selanjutnya Rudy berharap dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat di wilayah hukum Polda Banten yang terdampak fenomena El-nino.

“Semoga dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat mengurangi resiko dampak dari fenomena El-nino,” tuntas Rudy. (Amin/Warto)

Tinggalkan Balasan