Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kejaksaan se-Asean Sepakat Bentuk Wadah Jaksa Asean, Paling Lambat Agustus 2024.

Kajati DKI Sebut Dreams Will Come True

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Kejaksaan se- Asean sepakat menjajagi pembentukan wadah Jaksa Asean, yang diharapkan pada Agustus 2024 sudah terbentuk.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan Delegasi Kejaksaan Asean, di Bang Saen, Thailand pada tanggal 17 – 18 Agustus 2023.

Pertemuan berikutnya akan digelar di Bali guna mematangkan gagasan tersebut.

Kapuspenkum Dr. Ketut Sumedana menjelaskan dalam pertemuan Kejaksaan Asean selain disepakati untuk menjajagi pembentukan Kejaksaan Asean atau bentuk lainnya.

“Juga, membahas lebih lanjut format organisasi dan fungsi badan atau entititas lain lain. Diharapkan Agustus 2024 badan itu sudah terbentuk,” katanya, Senin (21/8) malam.

Pertemuan Jaksa se-Asean yang bersifat konsultatif ini mendapat dukungan parsial dari Institute for Legal Support and Technical Assistance (ILSTA).

Serta, partisipasi dan kontribusi signifikan Sekretariat ASEAN, United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) serta mitra dialog Asean.

MIMPI MENJADI NYATA

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta sebagai anggota Delegasi Kejaksaan Indonesia Dr. Reda Manthovani menyambut gembira hasil pertemuan.

“Ini seperti Dream (Will) Comes True. Para Jaksa dapat berkantor dan berkiprah di tingkat Asean yang punya komunitas tersendiri,” sebutnya secara terpisah.

Terkait dengan itu pula, Jaksa berpenampilan Plontos ini mendorong para Jaksa meningkatkan prestasi dan berbahasa (Inggeris, Red) sehingga dapat berperan aktif di Sekretariat Asean.

“Ini kesempatan untuk menjadikan Kejaksaan Lebih Maju, ” tutupnya.

Kajati Bali selaku Ketua Delegasi Jaksa Indonesia Dr. R. Narendra Jatna menyampaikan pembentukan lembaga (entitas) sebagai wadah para Jaksa di Asean sangat penting untuk diwujudkan.

“Institusi lain sudah memiliki wadah instusi/lembaga se-ASEAN, Jaksa atau Kejaksaan juga diharapkan dapat berkontribusi langsung di Sekretariat Asean,” ujarnya seperti dikutip Kapuspenkum. (ahi)

Tinggalkan Balasan