Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Plastun Kendaraan Perang Medan Ringan Multiguna Rancangan Rusia

JAKARTANEWS.ID – MOSKOW: Forum Teknis dan Militer Internasional ARMY-2023, selama presentasi dinamis teknologi militer Rusia untuk tamu internasional, meluncurkan inovasi baru kendaraan segala medan lacak serbaguna ringan “Plastun” (“Crawler”).

Mengapa Dinamai Plastun? Di era Kekaisaran Rusia, “plastun” mengacu pada regu pengintai yang terdiri dari Kuban Cossack (sampai batas tertentu serupa dengan pasukan khusus tentara modern).

Tim Plastun secara resmi dibentuk pada tahun 1842. Bergabung dengan mereka bukanlah tugas yang mudah, karena membutuhkan kekuatan fisik, daya tahan, keterampilan berburu, kesabaran, dan kemampuan untuk “tidak terlacak” sebanyak mungkin.

Seringkali, pengintai Cossack ini bergerak diam-diam dengan merangkak di atas perut mereka selama operasi tempur. Istilah tentara “merangkak seperti plastun” berasal dari taktik pengintaian ini.

Kendaraan segala medan ringan multiguna yang dirancang Rusia mewarisi kualitas keheningan, mobilitas, dan tidak mencolok dari “plastun” yang hidup dan bernapas. Itulah mengapa dinamai untuk menghormati mereka.

Keunggulan Kendaraan Segala Medan Perusahaan “Russian All-Terrain Vehicles Plastun” mengembangkan kendaraan tersebut.

CEO perusahaan dan kandidat pakar ilmu teknis, Eric Sagymbayev, berbicara tentang keunggulan kendaraan dalam wawancara eksklusif dengan Sputnik.

“Ada permintaan yang besar untuk kendaraan semacam itu di pasar Rusia. Keuntungan dari kendaraan segala medan non-logam adalah dapat pergi ke mana saja. Dapat melaju di berbagai jenis medan dengan kapasitas dukung beban yang rendah, baik itu pada berbagai jenis tanah, aspal atau beton, tanpa merusak jalan atau mengubahnya menjadi jalur tank,” paparnya.

Menurut Eric Sagymbayev, sejak awal mereka bertujuan memaksimalkan penggunaan komponen Rusia pada kendaraan mereka.

“Mesin bensin 1,6 liter, 106 tenaga kuda dan transmisi manual 5 kecepatan di kendaraan segala medan kami dibuat oleh AvtoVAZ. Mereka secara khusus diadaptasi untuk kendaraan terlacak. Selain itu, suku cadang dari kendaraan UAZ dan GAZ banyak digunakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Dengan kata lain, kendaraan segala medan Plastun lebih dari 90% terlokalisasi. Dapat diperbaiki dengan suku cadang standar dari toko suku cadang mobil. Selain itu, kami bekerja sama dengan Institut Riset Ilmiah Pusat Otomotif dan Mesin Otomotif ‘NAMI,’ yang memungkinkan kami untuk menguji ‘Plastun’ di laboratorium dan tempat pengujian mereka.”

Plastun Pertama Plastun asli adalah kendaraan segala medan amfibi komersial sipil murni dengan bodi aluminium tertutup. Perusahaan meluncurkannya di Forum ARMY-2022 dan menarik minat Kementerian Pertahanan Rusia.

Para insinyur ditugaskan mengembangkan versi militer dengan tubuh lapis baja ringan yang disederhanakan pada platformnya, cocok untuk berbagai unit seperti pasukan terjun payung, pasukan khusus, awak mortir artileri, unit pengintaian, dan petugas medis militer (untuk mengevakuasi yang terluka dari medan perang).

Varian ini dikembangkan hanya dalam waktu enam bulan.

“Pada Februari 2023, kami melakukan uji lapangan militer ‘Plastun’ di ‘zona operasi militer khusus’. Berdasarkan hasil, beberapa perbaikan desain disarankan. Kami telah menerapkannya, dan segera kendaraan seri batch pertama akan diproduksi dan dikirim ke pasukan,” ujar Eric Sagymbayev mengklarifikasi.

Kendaraan sipil merek Plastun disertifikasi dan diizinkan untuk dikendarai di jalan umum. Kendaraan dapat bermanuver dengan mudah di tempat-tempat yang tidak dapat dilalui orang atau kendaraan beroda di pasir lepas, di medan berawa, di lumpur semi-cair, di salju tebal, dan banyak lagi.

“Ground clearance kendaraan segala medan adalah 0,5 meter, dan sudut datang dan pergi, bahkan dalam versi sipil, sama dengan, misalnya, kendaraan tempur infanteri BMP-2. Kapasitas muatan hingga 1,5 ton, dan kecepatan operasi normal di darat adalah 40- 50 km/jam,” paparnya.

“Di atas air ‘Plastun’ bergerak lambat: 1-2 km/jam dengan memutar ulang trek dan 5-6 km/jam dengan motor tempel yang terpasang. Adapun kemampuannya untuk beroperasi di iklim yang berbeda, kendaraan bekerja dengan baik baik di Far North dan Kutub Utara, serta dalam kondisi tropis. Sistem pendinginan mesin VAZ telah ditingkatkan untuk memastikan pemanasan yang tepat di cuaca yang sangat dingin dan untuk mencegah kepanasan di cuaca panas,” tegas Eric Sagymbayev.

Di Forum ARMY-2023, kendaraan segala medan dari seri Plastun dalam versi militer dan sipil menarik banyak minat di antara tamu asing yang mewakili negara-negara sahabat Rusia. (Amin)

Tinggalkan Balasan