Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kericuhan Antar Suporter Kembali Terjadi, Bamsoet: Kemenpora dan PSSI Harus Cari Solusi Efektif

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kembali terjadinya kericuhan antar suporter klub sepakbola. Kali ini keributan terjadi antara suporter PSIS Semarang dengan suporter Persib Bandung, pada Minggu (21/8). Akibat dari insiden tersebut, sejumlah suporter mengalami luka-luka dan mendapat perawatan medis.

Menyikapi hal tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait untuk melakukan sejumlah langkah guna menekan aksi kekerasan maupun kerusuhan dalam pertandingan sepakbola.

“Hal itu dapat dimulai dari memperketat penjagaan, mempertimbangkan pemisahan area suporter atau dengan membatasi kehadiran suporter. Dengan upaya ini diharapkan efektif mencegah bentrok yang kerap terjadi antar suporter klub sepakbola,” kata politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, Senin (21/8/2023).

Bamsoet meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Asosiasi sepakbola Indonesia (PSSI) untuk membahas bersama solusi efektif dalam mencegah berulangnya aksi-aksi kericuhan antar suporter klub sepakbola.

“Salah satunya dengan mengadakan program pelatihan penggemar atau fan coaching clinic yang ditujukan bagi para pendukung/penggemar klub sepak bola tentang perilaku yang tepat dalam menyampaikan dukungannya. Sehingga dengan adanya program pelatihan ini, diharapkan bisa menjadi salah satu langkah antisipatif yakni untuk mencegah terjadinya insiden di saat sebelum, selama ataupun sesudah pertandingan,” papar Waketum Pantai Golkar ini.

Bamsoet pun meminta kepada para suporter klub sepakbola Tanah Air, agar tetap menjaga marwah setiap kompetisi sepakbola dan agar selalu mampu menghormati para pendukung klub lainnya, menghormati setiap keputusan wasit serta menerima setiap kekalahan secara legawa.

“Mengingat kemajuan sepakbola Tanah Air ditunjukkan antara lain oleh sikap dan perilaku nyata para pendukung klub-klub sepakbola kita yang senantiasa mampu menjunjung sportivitas, persaudaraan, perdamaian dan antikekerasan,” pungkas Bamsoet. (Daniel)

Tinggalkan Balasan