Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Bank Sampah Mekar Sari Kelurahan Mampang Prapatan Jadi Tumpuan Nasabah

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Keberadaan bank sampah di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan, bila dikelola dengan bijak tentu akan menjadi sala satu sumber perekonomian warga.

Salah satunya Bank Sampah Mekar Sari, yang berlokasi di Jalan Mampang Prapatan IV, RT 008/RW 05, Kelurahan Mampang Prapatan, Kecamatan Mampang Prapatan, Kota Administrasi Jakarta Selatan. Berdiri sejak 2014, bank sampah ini menjadi tumpuan ratusan warga yang menjadi nasabah, untuk menambah pemasukan bagi mereka.

Lurah Mampang Prapatan, Sulastri, mengatakan, Bank Sampah Mekar Sari adalah salah satu dari tujuh bank sampah yang ada di Kelurahan Mampang Prapatan, dan lebih dulu dibentuk dibanding bank sampah lainnya. Jumlah tonase di bank sampah ini, bisa mencapai 1,5 ton dalam penimbangan yang dilakukan setiap dua minggu sekali.

“Di Bank Sampah Mekar Sari ini ada program terkait dengan pemberdayaan UMKM. Program untuk nasabah yang menabung bank sampah di sini,” ujar Sulastri, Lurah Mampang Prapatan.Rabu (23/2023).

Sulastri mengungkapkan, program tersebut salah satunya adalah fasilitas pinjaman untuk kendaraan bermotor. Menurut Sulastri Para nasabah, diberi kesempatan untuk melakukan kredit motor, yang nantinya kendaraan tersebut dapat digunakan untuk aktivitas berjualan. Pembayaran angsuran pun tidak menggunakan uang, namun menggunakan sampah.

“Alhamdulillah ini sangat membantu banget khususnya bagi UMKM kecil. Sehingga dia yang mungkin untuk DP kendaraan dia tidak punya, dengan adanya aktivitas bank sampah, bisa tertolong,” tuturnya.

Sementara, Ketua Bank Sampah Mekar Sari, Ida, menjelaskan, total ada 320 nasabah yang berada di dalam bank sampah ini. Mereka berasal tidak hanya dari RW 05 saja, namun juga dari RW lainnya di Kelurahan Mampang Prapatan.

“Harapannya paling tidak bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, juga bisa menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya. Alhamdulillah di RW 05 terutama dan di wilayah Kelurahan Mampang Prapatan, semuanya sudah mempunyai bank sampah,” tandasnya. (John A)

Tinggalkan Balasan