Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Festival Kembang Api Musim Panas Warnai Langit Kota Hiratsuka

JAKARTANEWS.ID – HIRATSUKA: Festival kembang api kembali mewarnai langit Kota Hiratsuka, Prefektur Kanagawa, Jepan, pada Jumat (25/8/2023) malam lalu, setelah perdana hadir tahun lalu pascapandemi COVID-19.

Ajang tahunan yang hadir setiap musim panas itu digelar lebih meriah karena kembang api yang diluncurkan lebih banyak dibandingkan sebelumnya, sekitar 3.000 buah.

Sejak sore hari, para pengunjung berduyun-duyun menuju Shonan Itako, hilir Sungai Sagami, baik dengan berjalan kaki maupun, mengendarai sepeda ataupun bus.

Sebagian dari mereka mengenakan baju trandisional musim panas (yukata)  bersama pasangan atau keluarga masing-masing.

Salah pengunjung dari Tokyo, Kao, mengaku pertama kalinya menyaksikan festival kembang api meskipun harus menempuh jarak hampir 60 kilometer.

“Saya suka, kembang apinya sangat indah. Ini pertama kali saya melihat festival ini di Hiratsuka,” katanya.

Dia datang bersama dengan temannya, Kaho, yang sama-sama mengenakan  yukata untuk menyaksikan festival musim panas yang paling ditunggu itu.

“Saya senang sekali bisa pergi melihat kembang api bersama teman. Saya akan lebih banyak lagi mengajak teman saya di tahun depan,” ujarnya.

Pertunjukan dimulai pukul 19.00-18.00 waktu setempat.

Kembang api yang diluncurkan menampilkan jutaan spektrum cahaya di langit dan terpantul di permukaan pantai.

Festival Kembang Api Hiratsuka tahun ini merupakan gelaran ke-71 sejak pertama kali diadakan pada 1951.

Selain Festival Tanabata yang digelar pada awal Juli, festival kembang api ini juga merupakan ajang besar yang ditunggu, umumnya hadir pada akhir Agustus hingga awal September.

Festival kembang api tersebut sempat ditiadakan selama tiga tahun berturut-turut karena pandemi COVID-19.

Untuk melihat pertunjukan itu, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk bagi yang ingin mendapatkan tempat duduk yang strategis, bisa membeli tiket yang dibanderol mulai dari 6.000-16.000 yen (Rp630.000-Rp1,7 juta).

Karena membludaknya para pengunjung, sejumlah personel kepolisian berikut unit ambulan dan mobil pemadam kebakaran, turut dikerahkan.

Festival serupa juga diadakan di beberapa wilayah di Tokyo dan Chigasaki. (Amin)

Tinggalkan Balasan