Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kurangi Polusi Udara, BPJS Ketenagakerjaan Tanam Pohon di Bawah Tol Becakayu

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar bersama karyawan BPJS Ketenagakerjaan se-Jakarta Timur menanam pohon di sepanjang bawah Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Jalan Malahayati, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023). Penanaman pohon tersebut sebagai upaya mengurangi polusi udara Jakarta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Deny Yusyulian bersama seluruh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan se-Jakarta Timur. Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun Deni Suwardani, mengatakan kegiatan tanam pohon tersebut adalah employee volunteering atau swadana dari karyawan untuk kegiatan sosial.

”Setiap tahun ada dua agenda employee volunteering. Pada semester pertama kegiatan dicanangkan oleh kantor pusat yang sifatnya bantuan untuk masyarakat. Seluruh dana murni dari kantong karyawan BPJS Ketenagakerjaan untuk didonasikan dalam berbagai bentuk bantuan. Bisa bentuk sembako dan sebagainya sesuai kebutuhan,” kata Deni.

Sedangkan di semester kedua ini menurut Deni, kegiatan employee volunteering disinergikan dengan agenda Pemkot Jakarta Timur. Rupanya kebutuhan saat ini adalah upaya untuk mengurangi kadar polusi udara Jakarta.

”Akhirnya kami sepakat empat kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta Timur, ada Rawamangun, Ceger, Pulogebang, dan Duren Sawit dan di-support dari Kanwil BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta supaya pohonnya jadi banyak,” kata Deni.

Dari iuran dana karyawan, pihaknya membeli batang pohon setinggi tiga meter supaya cepat tumbuh. Ke depan terus digalakkan agar bisa berkontribusi untuk upaya pengurangan polusi udara di Jakarta. Deni mengatakan, jenis pohon yang ditanam adalah tebebuya dan ketapang kencana.

”Pohon tebebuya jika berbunga sangat indah seperti bunga sakura di Jepang. Kehadiran pohon-pohon tebebuya ini tentu akan memperindah kawasan Kalimalang di bawah tol di sini,” kata Deni.

Menurutnya, selain menanam pohon pihaknya juga akan menghiasi tiang-tiang tol Becakayu di lokasi tersebut dengan lukisan mural.

”Yang lukisan mural ini kontribusi dari kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Deni.

Sementara itu Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar mengatakan, penanaman pohon tersebut dalam upaya mengurangi polusi udara Jakarta.

”Jakarta polusinya luar biasa. Apa yang bisa kita kontribusikan maka kita lakukan. Pertama penanaman pohon, kedua uji emisi kendaraan, ketiga menghimbau pengelola gedung mengoperasikan water mist atau alat penyemprot uap air di atap gedung,” kata Anwar.

Menurut Anwar, total jumlah pohon yang ditanam adalah 70 Pohon yaitu tebebuya dan ketapang kencana.

”Pohon ini paling efektif untuk menyerap polusi udara sehingga membantu memperbaiki kualitas udara,” cetus Anwar.
Menurut Anwar, tidak lama lagi pihaknya akan menanam pohon berskala besar di kawasan industri seluas 12 hektare yang berpotensi akan meraih MURI.(Dani)

Tinggalkan Balasan