Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home2/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Semen Indonesia Pasok Beton LRT Jabodebek

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG memasok beton LRT Jabodebek untuk mendukung ketahanan konstruksi proyek strategis nasional (PSN) tersebut.

“SIG bangga dapat berkontribusi dalam pembangunan proyek strategis nasional seperti LRT Jabodebek dan LRT Kelapa Gading yang mendukung konektivitas kota-kota penyangga Jakarta dan memastikan mobilitas masyarakat yang lebih lancar, cepat, nyaman, dan tanpa polusi,” ujar Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Untuk mewujudkan konstruksi yang kokoh dan dapat diandalkan dalam jangka panjang, lanjut dia, SIG memasok beton performa tinggi pada pembangunan LRT Cawang-Dukuh Atas. Sebelumnya, SIG juga sudah terlibat memasok beton untuk proyek LRT Kelapa Gading.

“Ini adalah wujud dukungan kami terhadap program pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mempercepat pemerataan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Produk beton yang dipasok dari batching plant SIG di Pulogadung Jakarta Timur, Kuningan, Jakarta Selatan, dan Sentul, Bogor, di antaranya CastoCrete, solusi beton untuk produksi beton pra cetak (precast) atau pratekan yang umumnya membutuhkan kuat tekan awal yang tinggi.

Kemudian juga PileCrete, solusi beton dengan performa tinggi untuk struktur pondasi tiang (bore pile). Pada proyek LRT Cawang-Dukuh Atas, produk beton SIG digunakan pada jenis pekerjaan pondasi tiang (bore pile) LRT, tiang pancang LRT, jalur LRT, lantai kerja LRT, dan girder (penopang) jembatan.

Selain memasok beton di proyek LRT, SIG disebut memasok pula agregat kasar (material campuran beton) jenis batu split berukuran 10-20 milimeter (mm) yang dikirim ke pabrik precast di Plant Sentul dan Plant Gatot Subroto untuk proyek pembangunan LRT Cibubur-Cawang-Dukuh Atas.

Produk agregat dari SIG tersebut dinilai telah memenuhi standar American Standard Testing and Material (ASTM), sebuah organisasi dunia yang mengembangkan standardisasi teknik untuk material, produk, sistem dan jasa.

Produk agregat yang berasal dari area penambangan di Maloko (Kabupaten Tangerang, Banten), Rumpin (Kabupaten Bogor, Jawa Barat), dan Bogor itu dikatakan memiliki sejumlah keunggulan. Mulai dari sisi kualitas ukuran (gradasi), berat jenis batu (density), kebersihan batu (washing lost), dan berbagai aspek teknis lainnya, serta dari sisi kuantitas dengan komitmen terjaminnya pasokan material ke proyek.

Ukuran produk agregat yang dipasok sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, yaitu 10-20 mm. Agregat juga berbentuk kubikal (kotak), sehingga lebih masif dan kuat saat bercampur dengan semen untuk pembuatan beton precast.

“SIG memiliki portofolio produk dan layanan yang lengkap, mulai dari hulu hingga hilir, untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhan akan bahan bangunan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan,” kata Vita. (YOK)

Exit mobile version